Mengapa Kita Harus Mencintai Produk Dalam Negeri

Pada zaman globalisasi ini, hampir semua negara sudah bebas untuk menjual dan membeli produk yang berasal dari luar negaranya. Meskipun begitu, ada alasan mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri.

Produk yang dibuat dari dalam negeri tentu akan mendatangkan banyak keuntungan bagi negara tersebut. Sebab, pendapatan yang diperoleh sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai kas negara untuk membangun infrastruktur dan mensejahterakan rakyat.

Namun, kini masih banyak masyarakat Indonesia yang justru lebih memilih untuk membeli produk yang berasal dari luar negeri, padahal hal tersebut justru kurang baik untuk dilakukan. Lantas, apa sajakah yang membuat kita harus membeli produk dalam negeri?

Alasan Membeli Produk Dalam Negeri Sangat Penting

1. Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Hal utama yang menyebabkan mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri adalah karena kegiatan ini sangat ampuh untuk membantu proses peningkatan kesejahteraan masyarakat. Produk yang berasal dari dalam negeri tentu akan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan hasil olahan dari luar, karena itulah kegiatan ini sangat ampuh untuk membuat masyarakat menjadi sejahtera.

Mereka tidak perlu khawatir apabila akan kehabisan stok makanan tertentu sebab sudah ada banyak produk dalam negeri yang dijual di tempat-tempat terdekat. Dengan begitu, mereka pun tidak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak sebab produk dalam negeri tentu memiliki harga yang jauh lebih bersahabat.

Editor terkait:

2. Mengurangi Angka Kemiskinan dan Kriminalitas

Banyak masyarakat yang kini menjadikan kegiatan bisnis perdagangan sebagai mata pencaharian utama mereka. Apabila masyarakat lebih memilih untuk membeli produk yang berasal dari luar, hal tersebut tentu saja akan sangat merugikan bagi para pedagang yang menjual produk khas olahan mereka sendiri sehingga dalam kasus yang buruk mereka bahkan bisa mengalami kemiskinan.

Akibat dari kemiskinan yang terlalu tinggi adalah tingkat kriminalitas yang juga akan semakin marak, sehingga masyarakat tentu tidak bisa merasa aman lagi. Karena itulah, kegiatan membeli produk yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia ini harus kita lakukan agar kegiatan bermasyarakat masih tetap terjaga hingga waktu yang lama.

3. Memperbanyak Jumlah Lapangan Kerja

Alasan lain yang mengharuskan kita agar senantiasa memakai produk buatan bangsa sendiri adalah karena dengan membeli produk tersebut, maka akan semakin banyak pebisnis yang percaya diri untuk membangun perusahaan baru. Pebisnis tersebut akan memiliki andil yang besar dalam memperbanyak jumlah lapangan kerja.

Sehingga, para tenaga kerja pun tidak perlu berada pada fase menganggur yang terlalu lama sebab mereka bisa bekerja di perusahaan yang baru tersebut. Apabila masyarakat senantiasa membeli produk dalam negeri, hal itu akan membuat perusahaan menjadi percaya diri mengenai target pasar yang akan membawa keuntungan dalam jumlah tinggi.

Editor terkait:

4. Menambah Jumlah GDP atau Pendapatan Nasional

Hal terakhir yaitu produk dalam negeri berperan besar dalam menambah jumlah pendapatan nasional atau GDP suatu negara. Karena masyarakat lebih memilih untuk menghamburkan uangnya pada bisnis lokal, maka sudah pasti uang tersebut tetap berada pada siklus ekonomi yang hanya melingkupi negara tersebut saja.

Dengan begitu, maka jumlah pendapatan yang diperoleh negara atau pemerintah juga akan semakin banyak dan meningkat secara signifikan. Karena itu, tidak heran apabila mengapa kita harus mencintai produk dalam negeri sangat gencar dikampanyekan oleh pemerintah pada setiap kondisi sehingga mereka bisa memperoleh keuntungan yang besar.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar