Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Mengapa kita harus berperilaku toleransi? Karena toleransi merupakan sebuah sikap menghargai perbedaan yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat baik perbedaan budaya, ras, suku, dan agama.

Selain itu, toleransi atas perbedaan keturunan dan derajat sosial juga harus diterapkan oleh setiap manusia. Dengan adanya toleransi, maka persatuan dan kesatuan masyarakat di NKRI akan terwujud serta kehidupan menjadi tentram.

Toleransi juga akan menciptakan kehidupan yang harmonis antar manusia dalam kehidupan sosial masyarakat sehingga sikap ini harus selalu diterapkan. Segala perbedaan dalam masyarakat harus dihargai oleh masyarakat yang lain.

Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi dalam Kehidupan Sosial Masyarakat?

1. Dapat mempersatukan perbedaan yang ada

Perbedaan yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat merupakan hal yang wajar. Justru hal itulah yang menjadikan setiap manusia itu unik dengan perbedaan yang dimilikinya. Bahkan, di dalam suatu wilayah yang padat penduduknya, ada banyak sekali warga dengan latar belakang berbeda dan mampu hidup berdampingan dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga mengapa kita harus berperilaku toleransi? Jawabannya adalah karena perbedaan itu bukan merupakan sebuah penghalang untuk saling berseteru atau saling menjatuhkan satu sama lain. Justru dengan adanya toleransi yang dimiliki setiap manusia, setiap perbedaan yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat dapat dipersatukan.

Editor terkait:

2. Dapat meningkatkan rasa persaudaraan

Sikap toleransi selain akan mempersatukan perbedaan juga akan meningkatkan rasa persaudaraan. Persaudaraan dapat terjalin meskipun terdapat perbedaan di antara mereka. Bahkan, perbedaan itulah yang malah menyatukan mereka karena satu sama lain saling menghargai tanpa mendiskriminasi yang lainnya.

Karena setiap manusia berhak hidup dengan damai dan tentram tanpa adanya perselisihan maupun pertikaian atas perbedaan yang ada dengan orang lain. Setiap manusia memiliki hak untuk menjalin sosialisasi dengan siapa saja tanpa ada batasan terkait perbedaan baik suku, ras, agama, budaya, keturunan, hingga derajat sosial.

3. Sesuai prinsip NKRI

Sikap toleransi harus dimiliki oleh setiap manusia karena di dalam kehidupan sosial masyarakat pasti akan menemui banyak perbedaan antara satu manusia dengan manusia yang lain. Negara Indonesia sendiri telah menganut sistem NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dimana masyarakat dari beragam suku, adat, ras, dan agama.

Mereka tinggal di Indonesia dan hidup saling berdampingan. Perbedaan bukanlah suatu penghalang untuk saling bermusuhan atau bertikai antar warga negara. Justru perbedaan itulah yang menjadi sumber pemersatu warga negara Indonesia.

Dalam kehidupan sosial masyarakat pasti akan ada perbedaan, sehingga sikap toleransi ini merupakan sikap yang memunculkan rasa kepedulian, kasih sayang, dan tenggang rasa tanpa menuntut kesamaan antar manusia. Sehingga sikap toleransi harus dimiliki oleh setiap warga negara agar dapat menerima perbedaan dan memahami situasi dan kondisi orang lain.

Editor terkait:

4. Sesuai dengan Pancasila

Pancasila yang merupakan dasar negara masyarakat Indonesia sangat mengunggulkan sikap toleransi. Berkaitan dengan Pancasila, sesuai dengan sila kesatu yakni Ketuhanan yang Maha Esa dimana nilai di dalamnya mencakup rasa toleransi yang harus dimiliki oleh setiap warga negara meskipun ada perbedaan agama antara satu orang dengan orang lain.

Ketika sila kesatu berhasil diwujudkan, maka sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’ sangat mudah diraih. Setiap warga negara dengan beragam perbedaannya harus bisa bersatu padu karena Indonesia sendiri merupakan negara dengan keberagaman yang unik. Oleh karena itu, jawaban mengapa kita harus bertoleransi yakni karena perbedaan bukan sumber pertikaian.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar