Mengapa Kita Harus Bersyukur Kepada Allah

Sebagai umat Islam, kita tentu sering mengalami berbagai hal yang membuat kita senang ataupun sedih. Namun, mungkin masih banyak yang tidak terlalu mengetahui alasan mengapa kita harus bersyukur kepada Allah.

Sejak kecil, keluarga dan guru sudah seringkali menceramahi anak didiknya agar selalu mengucapkan kata syukur kepada Allah. Baik itu saat sebelum makan, sebelum tidur, ketika memperoleh prestasi, dan situasi yang lainnya.

Hal tersebut harus kita lakukan agar kita bisa semakin berkembang sebagai manusia dan juga makhluk-Nya. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat kita harus senantiasa bersyukur kepada Sang Pencipta.

Alasan Kita Harus Senantiasa Bersyukur Kepada Allah

1. Allah Memberi Nikmat Kepada Orang yang Bersyukur

Alasan pertama mengapa kita harus bersyukur kepada Allah adalah karena Allah adalah Maha Pemberi Nikmat. Sesuai dengan apa yang tertuang pada Al-Qur’an, Allah telah memberi janji nikmat yang melimpah kepada para manusia yang senantiasa mengucapkan rasa syukur setiap ada kejadian apapun yang dia alami.

Proses bersyukur tersebut pun bisa diimplementasikan ke dalam beberapa hal, seperti dengan membagi sedekah kepada orang yang membutuhkan, atau memberi ilmu kepada orang yang masih belum berilmu. Hal tersebut akan membuat nikmat yang didapat menjadi lebih banyak.

Editor terkait:

2. Membuat Hati Menjadi Lapang

Selanjutnya, kita pun akan senantiasa merasakan perasaan lega yang begitu besar apabila senantiasa bersyukur kepada Sang Pencipta. Hati akan selalu merasa lapang meskipun apa yang kita lalui tidak sesuai dengan ekspektasi atau hal yang kita impikan sebelumnya.

Ucapan ‘Alhamdulillah’ memang menyimpan begitu banyak manfaat terlebih ketika digunakan pada situasi dimana kita hampir merasa putus asa. Melihat masalah dengan sudut pandang positif, serta merenungi semua hal yang terjadi tentu akan membuat kita senantiasa merasa lega dan tidak terlalu larut dalam energi yang negatif.

3. Terhindar dari Rasa Serakah

Alasan lain yang menjadi manfaat ketika kita selalu bersyukur adalah kita bisa senantiasa terhindar dari dosa yang besar yakni perasaan serakah. Perasaan ini umumnya selalu muncul ketika kita memperoleh rejeki, dan secara naluriah kita pasti akan merasa ingin menguasai rejeki yang lebih banyak sehingga cara apapun pasti akan dilakukan.

Demi menghindari dosa tersebut, penting bagi kita untuk selalu bersyukur. Sadari bahwa semua rejeki yang ada di dunia ini bukanlah hal yang abadi, sehingga kita bisa selalu terhindar dari perasaan serakah yang akan membuat kita sengsara ketika hari akhir sudah tiba. Syukur juga akan membuat kita menjadi pribadi yang selalu menyayangi dan menjaga hal yang kita miliki saat ini.

Editor terkait:

4. Hidup Menjadi Lebih Bahagia

Hal terakhir mengapa kita harus bersyukur kepada Allah adalah hidup yang terasa damai dan jauh lebih bahagia daripada sebelumnya. Mensyukuri hal yang kita hadapi akan membuat kita terhindar dari sifat sombong, iri, dan berbagai sifat buruk yang lainnya. Kita pun tidak akan perlu repot-repot merasa tersaingi dengan orang lain karena kita selalu bersyukur.

Akibat melakukan hal tersebut, hidup kita tentu saja akan menjadi lebih nyaman dan terhindar dari masalah-masalah merugikan yang tentu akan membuat kita merasa kesal. Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain akan membuat siapapun merasa tenang. Selain itu, kita tidak merasa terlalu putus asa apabila hal yang diinginkan tidak berjalan sesuai dengan apa yang sudah diharapkan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar