Mengapa Kita Harus Berdoa Kepada Allah

Berdoa merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Lantas, mengapa kita harus berdoa kepada Allah?

Mungkin masih banyak yang belum terlalu mengetahui bahwa berdoa ternyata memang membawa efek yang begitu magis. Energi positif yang dihasilkan dengan berdoa bahkan sudah pernah diteliti oleh para ilmuwan dan hasilnya pun cukup mengagumkan.

Karena itulah, tidak mengherankan apabila kegiatan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan. Selain termasuk ke dalam perintah langsung dari Allah, berdoa pun membawa manfaat yang begitu banyak seperti hal di bawah ini.

Manfaat Dari Berdoa Kepada Allah

1. Memperoleh Rejeki Secara Cepat

Kegiatan berdoa memang sudah sejak lama dilakukan oleh manusia, sejarah pun membuktikan nenek moyang kita melakukan hal itu sebagai cara untuk memperoleh rejeki. Tidak tanggung-tanggung, berdoa ini memang seringkali dianggap begitu mujarab sebab tidak lama setelah berdoa, maka seseorang pun akan segera terkabulkan apa saja yang dia inginkan dalam waktu yang cepat.

Meskipun begitu, berdoa pun juga harus diiringi oleh usaha yang keras. Sebab, doa dalam waktu yang terlalu lama pun akan terbuang sia-sia, sebab Allah sudah pernah menuturkan bahwa seseorang harus senantiasa mengerahkan usahanya semaksimal mungkin sehingga dia bisa mencapai tujuan sesuai dengan apa yang selalu dia doakan.

Editor terkait:

2. Memperoleh Pahala yang Besar

Alasan lain yang menjadi penyebab mengapa kita harus berdoa kepada Allah adalah karena kegiatan ini memang menjadi salah satu kegiatan paling efektif untuk memperoleh pahala. Pahala yang didapat ketika berdoa termasuk sangat besar, terlebih apabila kita melakukannya seusai melakukan ibadah sholat lima waktu.

Allah yang Maha Pendengar pun akan mendengarkan apa saja yang kita utarakan selama ini. Perasaan gundah dan senang akan selalu Dia dengar sehingga pahala yang kita peroleh pun bisa melimpah, dan mampu menghapus dosa-dosa yang sebelumnya pernah kita lakukan.

3. Menjadi Bukti Bahwa Kita adalah Hamba yang Taat

Ketika kita berdoa, kita memposisikan diri sebagai seorang hamba-Nya yang tidak memiliki kekuatan tertentu untuk mewujudkan hal yang kita inginkan. Perasaan pasrah dan menyerahkan segala-Nya kepada Allah adalah hal yang membuat kita membuktikan diri bahwa kita bukanlah makhluk yang serakah atau sombong di hadapan-Nya.

Sesuai dengan apa yang selalu tertuang dalam kitab suci Al-Qur’an, Allah memang menyukai hamba-Nya yang selalu bertawakal. Dengan begitu, kita mengakui bahwa tidak ada kekuatan lain yang mampu menandingi Allah sebagai Sang Pencipta, dan hanya kepada-Nya kita bisa memasrahkan diri bahwa apa yang Dia berikan kepada kita merupakan pilihan yang tepat dan sesuai.

Editor terkait:

4. Membuat Pikiran Menjadi Damai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, beroda dianggap sebagai kegiatan yang bisa mensugesti pikiran kita agar selalu damai dan tidak terlalu larut ke dalam kesedihan atau perasaan cemas. Hal tersebut terbukti sangat ampuh terlebih bagi para siswa yang sedang menunggu pengumuman tes masuk universitas ataupun para pekerja yang sedang menunggu pengumuman dari tempat kerja.

Mereka akan selalu terhindar dari pikiran negatif yang justru akan membuat mereka selalu merasa cemas dan tidak percaya diri dengan kemampuannya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa kita harus berdoa kepada Allah pada setiap kesempatan yang kita miliki agar hidup kita selalu terasa nyaman dan tidak bergelimut dalam perasaan cemas yang berlebihan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar