Mengapa Kita Harus Menegakkan Hukum yang Berlaku Secara Benar dan Adil

Setiap negara memiliki kebijakan hukum yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Hal ini menjadi solusi atas pertanyaan mengapa kita harus menegakkan hukum yang berlaku secara benar dan adil?

Hukum merupakan sebuah acuan untuk masyarakat yang hidup berbangsa dan bernegara. Tanpa adanya penegakan hukum di suatu negara, masyarakat akan melakukan perilaku yang menyimpang.

Hukum dijadikan landasan yang harus ditegakkan supaya masyarakat tidak bertindak dengan sesuka hati. Karena hal tersebut akan membahayakan warga negara yang lain. Oleh karena itu, setiap negara pasti memiliki kebijakan hukum yang diterapkan.

Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Mengapa Hukum Harus Ditegakkan Secara Benar dan Adil?

1. Sanksi hukum tidak diberikan secara adil

Kebenaran dan keadilan adalah dua poin penting yang harus dijalankan untuk menerapkan hukum di suatu negara. Setiap warga negara harus mentaati segala ketentuan hukum yang berlaku di negara tempat tinggalnya. Akan ada sanksi tertentu bagi warga negara yang melanggar hukum, mulai dari sanksi ringan hingga berat yang harus diberikan secara adil.

Editor terkait:

Namun di Indonesia sendiri, masih banyak sekali kasus koruptor dari kalangan pejabat atau kasus artis papan atas yang berbuat kejahatan namun tidak mendapatkan sanksi yang berat. Tidak diberikannya sanksi yang berat dikarenakan mereka memberikan uang sogokan atau uang suap pada orang-orang yang berkecimpung di dalam pemberian sanksi hukum tersebut.

2. Pertikaian atau perselisihan merajalela

Fenomena ketidakadilan sanksi hukum menjadi faktor terjadinya pertikaian dan perselisihan pada masyarakat. Ketidakadilan hukum di negara Indonesia masih belum menemukan titik terang karena sangat sulit untuk mencegah kasus suap menyuap tersebut. Apalagi yang disuap pun juga membutuhkan dana besar untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari-hari.

Supaya tidak terjadi pertikaian atau perselisihan, sebaiknya beragam kasus dari kalangan biasa maupun pejabat diberikan sanksi hukum yang sama. Kemudian hal-hal seperti suap menyuap sebaiknya dicegah agar ke depannya hukum dapat berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih lagi di Indonesia yang masih harus dibenahi tata kelola hukumnya agar lebih adil.

3. Perpecahan atau konflik semakin meningkat

Mengapa kita harus menegakkan hukum yang berlaku secara benar dan adil? Karena hukum yang berlaku tidak benar dan tidak adil akan meningkatkan perpecahan atau konflik pada masyarakat. Berkaitan dengan pertikaian atau perselisihan, ketidakadilan hukum juga dapat menimbulkan perpecahan atau konflik yang membuat kehidupan masyarakat tidak tentram.

Apalagi jika kasus suap menyuap semakin besar, dimana kalangan biasa mendapatkan sanksi hukum yang berat sesuai dengan kejahatan yang dilakukan, sementara kalangan pejabat hanya mendapatkan sanksi ringan yang tidak sesuai dengan kejahatan yang dilakukan. Tentu saja hal tersebut akan menimbulkan konflik berkepanjangan jika terus menerus tidak adil.

Editor terkait:

4. Tidak adanya kerukunan antar kalangan masyarakat

Kerapkali terkadang terdengar kabar bahwa hukum tidak berlaku adil antara kalangan biasa dan pejabat. Hal inilah yang memicu beberapa hal negatif dan membuat stigma masyarakat menjadi kurang mempercayai hukum. Padahal, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, hukum dijadikan sebagai acuan untuk melakukan tindakan yang tidak bertentangan.

Solusinya adalah sanksi hukum harus disamakan baik untuk kalangan biasa maupun pejabat yang melakukan kasus tindakan kejahatan yang sama supaya pelaku jera. Dengan penerapan solusi tersebut, maka perpecahan atau konflik antar masyarakat dapat diminimalisir. Itulah mengapa kita harus menegakkan hukum yang berlaku secara benar dan adil.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar