Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua dan Guru

Orang tua dan guru adalah orang yang berjasa dalam kehidupan manusia. Orang tua merawat anaknya sejak bayi, sedangkan guru memberikan ilmu yang bermanfaat. Itulah mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru.

Orang tua merawat anaknya sejak lahir hingga dewasa dengan penuh kasih sayang. Guru juga berpengaruh terhadap perkembangan anak sehingga menciptakan anak-anak yang cerdas dan pandai.

Tidak ada alasan untuk tidak menghormati orang tua dan guru karena orang tua mendidik anak di lingkungan rumah, sedangkan guru mendidik anak di lingkungan sekolah.

Beberapa Hal yang Mengharuskan Seseorang Menghormati Orang Tua dan Guru

1. Perintah dari Tuhan YME

Tuhan YME memerintahkan semua manusia untuk selalu berbakti terhadap orang tua dan guru sampai kapanpun. Tanpa orang tua, manusia tidak akan terlahir di dunia dan tanpa guru, manusia tidak akan bisa membaca, menulis, dan berhitung. Rasa syukur harus selalu dimiliki oleh setiap anak karena adanya keterlibatan peran orang tua dan guru dalam kehidupan.

Editor terkait:

Tuhan YME menciptakan manusia untuk saling memberikan kasih sayang satu sama lain. Orang tua melahirkan anak dan harus bertanggung jawab atas perkembangan anaknya di lingkungan rumah. Sedangkan guru mempunyai tanggung jawab sebagai orang tua kedua di lingkungan sekolah yang harus mendidik anak dengan ilmu pelajaran yang diajarkan.

2. Kewajiban untuk berbakti

Cara berbakti kepada orang tua dan guru yakni selalu mendengarkan nasehat-nasehatnya, berbicara dengan sopan, menyimak penjelasan guru ketika sedang menjelaskan, menunjukkan sikap antusias ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya, dan lain-lain. Itulah mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru.

Orang tua tidak henti-hentinya memanjatkan doa kepada Tuhan YME untuk anaknya sepanjang hayat. Anak yang berbakti akan selalu didoakan yang terbaik untuk anaknya. Sehingga kewajiban untuk berbakti kepada orang tua adalah suatu keharusan. Tidak hanya kepada orang tua saja, berbakti kepada guru juga wajib dilakukan oleh anak.

3. Berperan penting dan berjasa dalam kehidupan

Tidak ada manusia yang mengalami pertumbuhan signifikan dalam hidupnya dari yang tidak bisa apa-apa menjadi orang yang hebat tanpa bantuan orang tua dan guru. Orang tua berperan penting dalam merawat, menjaga, dan mendidik anaknya sejak lahir hingga beranjak dewasa. Sama halnya dengan peran guru yang mendidik murid-muridnya dengan kasih sayang.

Oleh sebab itu, orang tua dan guru harus dihormati karena tanpa mereka, anak tidak akan berkembang menjadi orang yang cerdas. Jasa mereka sangatlah besar, terlebih orang tua yang memberikan segala kebutuhan anak mulai dari pangan, pendidikan, sandang, dan papan sejak kecil hingga beranjak dewasa dan menjadi orang terpandang di lingkungan masyarakat.

Editor terkait:

4. Memiliki doa yang kuat

Setiap anak harus selalu menjaga keridhoan orang tua dan guru karena mereka adalah orang-orang yang memiliki doa paling kuat. Orang tua selalu mendoakan anaknya agar selalu menjadi anak yang baik, pintar, dan hal-hal positif lainnya. Guru pun juga demikian, mereka mendoakan semua murid-muridnya agar selalu menjadi anak yang kaya ilmu, cerdas, dan berprestasi.

Doa dari orang tua dan guru adalah doa yang mustajab. Sehingga jangan sampai membuat mereka marah atau kecewa. Terutama orang tua yang bisa saja mendoakan hal buruk jika mereka sudah sangat kecewa dengan anaknya. Sehingga anak memiliki kewajiban untuk berbakti dan merupakan hal penting mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar