Mengapa Kita Harus Kritis Dalam Menerima Berita

Berita kini bisa dengan mudah diterima oleh seseorang, baik dari koran, televisi, atau bahkan dari internet. Namun kita harus kritis dalam menerima berita tersebut, mengapa kita harus kritis dalam menerima berita?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka kita harus mengetahui beberapa alasan kenapa kita harus berhati-hati dalam menerima berita. Baik berita yang didapat dari koran, televisi, atau dari internet.

Tanpa banyak basa-basi, langsung saja kita bahas. Berikut adalah beberapa alasan kenapa kita harus kritis dalam menerima berita.

Alasan Mengapa Kita Harus Kritis Dalam Menerima Berita

1. Menghindari Berita Hoax

Berita hoax adalah sebuah berita yang dibuat tidak sesuai dengan sumber atau kebenarannya. Biasanya berita ini menggunakan beberapa foto atau video yang sengaja di edit untuk memberikan hasil yang lebih nyata. Berita hoax ini bisa menyebabkan perpecahan di antara beberapa kelompok masyarakat.

Tidak terhitung lagi jumlah berita hoax yang beredar di kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak sedikit orang yang percaya pada berita hoax tersebut. Tujuan dari berita ini dibuat juga beragam, dari untuk mengangkat nama baik, mencari pendukung, hingga menjatuhkan seseorang atau kelompok.

Editor terkait:

2. Tidak Menyebarkan Berita yang Salah

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, alasan mengapa kita harus kritis dalam menerima berita yang selanjutnya adalah agar kita tidak menyebarkan berita yang salah. Ketika kita dengan gampangnya menerima sebuah berita dan ikut menyebarkannya tanpa mengetahui kebenarannya maka berita tersebut akan beredar lebih luas dan bisa menyebabkan kekeliruan di masyarakat.

3. Menghindari Komentar Atau Kritik yang Salah

Saat ini banyak sekali jenis berita yang beredar di dunia. Mulai dari berita olahraga, berita politik, berita kecelakaan, berita bencana, dan masih banyak jenis berita lainnya. Jika kita mengetahui sebuah berita yang di luar pengetahuan kita sebaiknya cukup tau saja tentang berita tersebut.

Sebagai contoh jika pengetahuan kita berada seputar dunia olahraga, dan tiba-tiba ada berita politik yang beredar dan menjadi sangat viral sebaiknya cukup tau saja tentang berita tersebut dan jangan memberikan komentar atau kritik yang berlebihan. Hal ini karena jika kita sampai memberikan komentar yang salah, komentar tersebut bisa saja menjadi boomerang buat diri kita sendiri.

4. Tidak Melakukan Tindakan yang Berlebihan

Ada beberapa orang atau kelompok sengaja menyebarkan sebuah berita hoax yang memiliki tujuan untuk mengadu domba beberapa kelompok. Jika kita dengan gampangnya menerima sebuah berita tanpa cari tau terlebih dahulu kebenarannya, maka bisa saja kita sudah diadu dombakan dengan beberapa orang.

Tindakan terburuk yang bisa terjadi adalah penyerangan bahkan pembunuhan. Apalagi jika yang diadu dombakan adalah kelompok yang berhubungan dengan suatu daerah, agama, atau ras. Oleh sebab itu, sebelum menerima sebuah berita cari tahu terlebih dahulu kebenaran dari berita tersebut jangan langsung dimakan mentah-mentah saja berita yang didapat tersebut.

Editor terkait:

5. Mendapatkan Berita Sesuai Usia

Tidak bisa dipungkiri jika dengan semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah juga seseorang mengakses sebuah berita. Bahkan anak kecil juga bisa mendapatkan sebuah berita dengan mudah melalui hp atau smartphone miliknya. Dari sebuah berita yang seharusnya tidak diterima oleh anak kecil bisa berdampak buruk bagi mental atau perkembangannya.

Apalagi berita yang didapatkan oleh anak kecil tersebut adalah berita tentang kekerasan, pembunuhan, atau pemerkosaan. Alasan mengapa kita harus kritis dalam menerima berita yang terakhir ini lebih mengarah ke pengawasan orang tua atau wali dari anak-anak.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar