Mengapa Kita Harus Istiqomah

Pengertian Istiqomah

Banyak orang mempertanyakan arti dan alasan mengapa kita harus istiqomah. Istiqomah sendiri merupakan gabungan kata ista yang berarti keinginan atau usaha dalam mewujudkan suatu hal, serta kata qooma yang berarti sempurna, tegak, dan lurus.

Apabila kedua kata tersebut digabungkan maka bermakna usaha supaya dapat berjalan sempurna dan tegak lurus sesuai dengan ajaran Allah SWT. Seseorang yang mempunyai perilaku istiqomah, tidak mudah goyah dengan hal yang bisa menghalangi niatnya.

Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, tetapi sebetulnya banyak rintangannya. Berikut ini beberapa alasan penting Anda harus memiliki perilaku istiqomah.

Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah

1. Mencegah Berbuat Jahat

Manusia adalah tempatnya salah dan juga khilaf. Tetapi walaupun seperti itu, Anda tetap wajib menjauhi maupun mencegah untuk tidak melakukan perbuatan yang jahat tersebut. Tentu saja dengan sikap yang istoqomah seseorang pastinya dapat terhindar dari perbuatan salah. Hal itu karena jiwa akan senantiasa tenang serta selalu ingin beramal baik dalam segala situasi yang dihadapi.

Editor terkait:

2. Menghindari Rasa Khawatir dan Sedih

Rasa khawatir dan rasa sedih adalah dua hal yang kerap mengganggu seseorang saat berbuat kebaikan. Jika istiqomah dalam mengerjakannya, maka akan membantu seseorang untuk menghindari kedua rasa buruk tersebut. sehingga, Anda dapat hidup dengan lebih damai dan nyaman tanpa adanya rasa khawatir maupun sedih.

3. Amalan yang Dicintai Oleh Allah SWT

Alasan mengapa kita harus istiqomah yang selanjutnya yakni karena ini merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT. Istiqomah atau konsisten merupakan hal kecil yang lebih baik untuk dilakukan daripada amalan besar tetapi jarang dikerjakan. Walaupun hanya sedikit, namun istiqomah menjadi amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.

4. Tidak Mudah Menyerah dan Putus Asa

Saat Anda telah berjuang dan bersabar sebaik mungkin, maka akan dijauhkan dengan perilaku mudah menyerah dan putus asa. Perjuangan dan rasa sabar tersebut akan menghasilkan sikap semangat dan pantang menyerah walaupun banyak hal yang dilewati untuk istiqomah dengan sesuatu hal tertentu.

5. Dijanjikan Surga

Saat seseorang dapat menjalankan kegiatan ibadah dengan cara yang istiqomah, maka akan memperoleh pahala. Allah SWT sudah menjanjikan surga untuk seseorang yang senantiasa bersikap istiqomah dengan apa yang sedang dijalankan. Bukan hanya dalam hal ibadah saja, melainkan istiqomah pun perlu dilakukan dalam berbagai macam hal lainnya yang bersifat baik.

Editor terkait:

6. Belajar Berjuang

Anda dapat belajar berjuang untuk hal-hal baik dengan melakukan istiqomah. Misalnya saja Anda akan mulai bekerja padahal sebelumnya telah menganggur cukup lama. Saat mulai bekerja inilah, akan terdapat banyak tantangan maupun ujian yang berat. Bagi Anda yang tangguh, kuat, dan sabar pastinya akan mampu menghadapi tantangan itu sehingga aktivitas bekerja dapat berjalan secara baik.

7. Belajar Bersabar

Istiqomah menjadi hal yang dapat menguji kesabaran seseorang. Apalagi bila Anda melakukan suatu perubahan yang tergolong signifikan. Contohnya saja Anda sebelumnya belum pernah mengenakan hijab tetapi secara tiba-tiba mengenakan hijab.

Pastinya akan terdapat orang yang mengejek dan bahkan membully adanya perubahan terhadap diri Anda tersebut. Oleh karena itu, sikap istiqomah dapat membantu Anda untuk belajar sabar serta berpendirian kuat supaya tidak menghiraukan bully-an atau ejekan yang didapatkan tersebut. Oleh sebab itu, alasan mengapa kita harus istiqomah yang satu ini tentunya membuat diri semakin baik lagi.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar