Mengapa Kita Harus Membiasakan Gemar Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu aktivitas yang dianjurkan dalam Islam, manfaat yang didapatkan dalam aktivitas bersedekah cukup besar. Ada banyak alasan mengapa kita harus membiasakan gemar bersedekah.

Misalnya, dengan bersedekah maka seseorang bisa membantu orang lain dan meringankan beban mereka. Sifat ini merupakan sifat yang penting agar kita memiliki sifat tenggang rasa yang bermanfaat untuk aktivitas dan kehidupan sosial.

Berikut ini merupakan alasan mengapa Anda harus membiasakan diri untuk melakukan sedekah sejak dini. Manfaat yang akan Anda dapatkan jauh lebih besar dibandingkan jika Anda tidak melakukannya.

Alasan Mengapa Kita Harus Membiasakan Gemar Bersedekah

1. Menyucikan Harta dan Diri Sendiri

Harta yang kita miliki tidak semuanya merupakan hak kita, melainkan juga terdapat hak milik orang lain. Dengan tidak melakukan sedekah, maka Anda mengambil hak orang lain yang mungkin membutuhkan.

Harta yang Anda sedekahkan tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Untuk diri sendiri misalnya, Anda bisa menghapus dosa yang dimiliki dan membuat harta Anda menjadi lebih berkah.

Dengan melakukan sedekah, Anda juga termasuk umat Islam yang mengikuti aturan-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Agar Anda terhindar dari ketidakberkahan harta, Anda bisa melakukan sedekah secara berkala.

Editor terkait:

2. Pahala yang Besar

Pahala yang didapatkan oleh mereka yang melakukan sedekah cukup besar, aktivitas ini juga disukai oleh Allah. Mereka yang sering melakukan sedekah akan mendapatkan pahala, apalagi pahala yang Anda dapatkan merupakan pahala yang dilipat gandakan.

Seperti yang diketahui, ketika seseorang melakukan sedekah, harta yang dimiliki tidak akan berkurang, melainkan bertambah. Apalagi jika dilakukan murni tanpa adanya paksaan ataupun motif tertentu.

Sudah banyak hadis maupun ayat di dalam al-Quran yang menganjurkan seseorang untuk melakukan sedekah. Dengan alasan tersebut, Anda bisa lebih sering melakukan sedekah dengan tujuan mengharapkan Ridho dari Allah.

3. Terhindar dari Marabahaya

Selain mendapatkan pahala yang besar, alasan lain mengapa kita harus membiasakan gemar bersedekah adalah menghindarkan diri dari marabahaya. Baik marabahaya pada diri sendiri, keluarga, bisnis yang dimiliki atau harta yang telah dikumpulkan.

Misalnya, marabahaya seperti kerugian dalam berbisnis atau musibah lainnya, dengan bersedekah harta yang Anda miliki menjadi berkah. Melakukan sedekah juga akan membuat Anda memiliki rezeki yang berkali-kali lipat, tidak hanya dalam bentuk uang, namun juga rezeki dalam bentuk selain materi.

Terdapat hadis yang diriwayatkan oleh seorang perawi hadis terkenal, dalam hadis tersebut, Nabi Muhammad bersabda bahwa mereka yang melakukan sedekah akan ditutup 70 pintu kejahatan darinya dan musibah tersebut tidak akan mendahului sedekah yang telah dilakukan.

Editor terkait:

4. Hati yang Lebih Tenang

Sedekah akan memberikan jaminan hati yang lebih tenang, inilah alasan kenapa seseorang dianjurkan untuk melakukan sedekah, apalagi dengan jumlah harta yang besar. Ketika melakukan sedekah, akan muncul perasaan senang karena bisa memberi kepada sesama.

Dengan hati yang lebih tenang, maka beban yang dimiliki akan diangkat dan digantikan dengan perasaan bahagia. Perasaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan sedekah dan melihat orang lain bahagia dengan hal baik yang sudah Anda lakukan.

Hati yang tenang sudah menjadi alasan yang cukup mengapa kita harus membiasakan gemar bersedekah. Apalagi dengan sedekah, Anda akan mendapatkan jaminan di hari akhir sebagai umat Islam yang akan mendapatkan naungan dari Tuhan, yang tidak bisa didapatkan oleh sembarangan makhluk.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar