Mengapa Kita Harus Beriman Kepada Kitab Allah

Salah satu rukun iman yang nomor 3 yaitu beriman kepada kitab Allah. Sebagai seorang muslim tentunya wajib bagi kita untuk meyakini dan mempercayai sepenuhnya mengenai hal tersebut. Itulah alasan mengapa kita harus beriman kepada kitab allah SWT.

Akan terdapat hikmah yang besar saat kita bisa meyakini kitab Allah tersebut, salah satu contoh hikmah itu adalah akan menambah motivasi dalam diri kita untuk terus menjalani hidup yang jauh lebih baik lagi.

Berikut adalah alasan mengapa kita sebagai orang muslim harus meyakini kitab Allah SWT.

Mengapa Kita Harus Meyakini Kitab Allah? Ini Jawabannya

1. Agar Iman di Dalam Diri Kita Semakin Kuat

Alasan pertama kenapa kita harus meyakini kitab Allah tersebut yaitu agar nantinya iman di dalam diri kita semakin kuat. Ketika iman tersebut makin kuat, tentunya kita tidak akan mudah terjerumus pada hal-hal sesat yang dibawa oleh setan.

Editor terkait:

2. Hidup Akan Selalu Lurus Dan Tidak Tersesat

Ketika iman kita semakin kuat, maka hal tersebut tentu akan membuat kita memiliki keyakinan teguh pada sesuatu yang benar. Hal tersebut pada akhirnya membuat kehidupan kita jadi lebih lurus, sehingga tidak akan tersesat pada jalan yang batil.

Meyakini kitab Allah ini artinya yaitu kita beriman, membenarkan dan mempercayai bahwa hanya Allah SWT yang telah menurunkan kitab-kitab kepada para rasul yang di dalamnya tersebut berisi janji, perintah, larangan dan juga ancaman Allah SWT.

3. Menambah Ilmu Pengetahuan

Alasan lain kenapa kita harus meyakini kitab Allah, yaitu karena di dalam kitab tersebut banyak sekali tersimpan pengetahuan. Dan di dalam agama islam itu sendiri seseorang yang berilmu sangatlah diistimewakan.

Oleh karena itulah penting untuk kita mengetahui isi di dalam kitab tersebut. Namun tidak hanya mempelajari dan mengamalkan isi kitab saja, tapi yang paling utama lebih dahulu adalah meyakini kitab-kitab Allah SWT.

4. Rasa Takwa Akan Tetap dan Terus Terjaga

Dengan kita meyakini kitab-kitab Allah, tentunya kita akan mengetahui apa saja hal-hal yang dilarang di dalam agama Islam. Dengan begitu nantinya hidup akan jadi lebih tertata dan tidak sembarangan dalam melakukan hal-hal yang dilarang oleh kitab suci. Itulah alasan mengapa kita harus beriman kepada kitab allah.

5. Hidup Kita Akan Jadi Jauh Lebih Optimis

Menjalani hidup yang optimis tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun tidak bisa dipungkiri bahwasannya menumbuhkan sikap tersebut sangatlah susah. Terlebih lagi jika di sini kita tengah mengalami cobaan yang cukup berat.

Namun dengan kita yakin kepada kitab Allah SWT, kita akan jadi lebih beriman pada Allah. Segala sesuatu baik itu hal yang buruk ataupun hal yang menggembirakan tentu berasal dari Allah SWT. Setiap cobaan yang diberikan pasti akan terdapat hikmah dibaliknya.

Sehingga dengan begitu kita akan tetap menjalani hidup yang optimis. Yakin bahwasanya tiap masalah tentu akan memberikan manfaat ke depannya dan yakin bahwa Allah akan membantu kita dalam menyelesaikan setiap masalah.

Editor terkait:

6. Agar Memperoleh Syafa’at

Hal yang paling diinginkan oleh seorang mukmin tentunya memperoleh syafaat ketika di hari akhir nanti. Dengan kita meyakini kitab-kitab Allah SWT, tentunya kita akan memperoleh syafaat ketika waktu penghisapan telah tiba.

Sangatlah penting mengapa kita harus beriman kepada kitab allah. Karena memang tidak ada yang bisa menolong seseorang saat hari akhir tersebut. Yang mampu meringankan seseorang dari siksa api neraka dan menjauhkannya dari hal tersebut yaitu amal ibadah yang baik serta syafa’at. Karena itu, perlu untuk menjadikan kitab Allah tersebut sebagai pedoman bagi kita menjalani hidup.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar