Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Sumber Daya Alam

Sejak kecil, kita sudah disuruh untuk mencintai alam. Namun, barangkali sebagian orang tidak punya cukup kesempatan untuk mengetahui hikmah berkenaan dengan mengapa kita harus menjaga kelestarian alam.

Lebih dari sekedar salah satu sifat baik yang diajarkan semasa sekolah, menjaga kelestarian alam harapannya tidak berhenti sampai di bibir saja dan minim aksi di kehidupan nyata. Apalagi, sebatas dipakai untuk menggugurkan kewajiban pengajaran.

Lagi pula, jika kelestarian alam terjaga maka yang diuntungkan adalah kita semua. Udara segar, cuaca pun tidak akan terlampau panas seperti sekarang.

Mengapa Kita Harus Menjaga Kelestarian Alam? Ini Alasannya

1. Menyelamatkan bumi dari kerusakan lebih parah

Kita mungkin bukan siapa-siapa, hanya masyarakat biasa yang telah memiliki kesadaran mindset tentang hewan dan tumbuhan. Sejalan dengan hal itu, kita sebenarnya juga sekaligus sedang berupaya menyelamatkan bumi dari kerusakan yang lebih parah. Pasalnya, kelestarian alam berbanding lurus dengan kedamaian bumi.

Setiap hari, kita mungkin sudah merasa lelah dihadapkan pada polusi, kebisingan, hawa panas, dan masih banyak lagi. Situasi tidak menyenangkan yang menjadi pertanda kecil bahwa bumi sedang tidak baik-baik saja. Planet ini sudah tua, gempa sering terjadi di mana-mana, letusan gunung berapi, dan banyak kerusakan akibat ulah manusia yang jadi landasannya.

Maka dari itu, hikmah mengapa kita harus menjaga kelestarian alam adalah upaya kecil menyelamatkan bumi dari kerusakan lebih parah. Selain itu kita pun membantu meringankan kinerja para pelaku konservasi alam.

Dari luar, menjadi pelaku konservasi dinilai sebagai kerjaan yang cukup gampang, hanya berinteraksi dengan hewan atau melakukan klasifikasi khusus pada tumbuhan dan hewan. Padahal, aslinya kerap kali bergelut di bidang ini mengundang lebih banyak beban kerja.

Jika hewan dan tumbuhan ditempatkan di lahan konservasi dengan baik, maka akan membantu mengembalikan ekosistem bumi ke arah yang seharusnya. Jangan sampai, kita kontributor tetap terhadap kerusakan lingkungan.

Editor terkait:

2. Memberikan perlindungan kepada sesama makhluk hidup

Manusia kerap kali bertindak egois hanya dengan memikirkan diri dan/atau kelompoknya. Inilah salah satu sifat alami kita, entah diakui atau tidak. Sifat demikian tumbuh dari upaya mempertahankan diri atau bertahan hidup di tengah komunitas yang menuntut kekuatan.

Hingga kini, kita lebih sering lupa bahwa makhluk hidup di planet ini bukan cuma manusia, melainkan ada pula hewan bahkan tumbuhan. Jika seseorang tidak menyadari keberadaan hewan dan tumbuhan secara maknawi, dalam hal ini tidak hanya menganggap mereka bahan baku pangan, maka sesungguhnya telah mencerminkan salah satu nilai simpati dan empati.

Itulah potret dari menjaga kelestarian alam, di mana semua berawal dari mindset yang benar, memahami secara mendalam bahwa hewan dan tumbuhan tidak bisa dianggap sebagai produk pangan saja. Awalnya mungkin akan sulit, tetapi pikiran sejenis ini dapat tumbuh dan bertahan seiring konsistensi dan kesabaran.

Editor terkait:

3. Menyiapkan masa depan terbaik untuk generasi mendatang

Poin penutup ini mungkin terdengar terlalu visioner, tetap meski begitu, kehadirannya tidak bisa diabaikan. Jangan sampai, karena ulah ceroboh kita di masa ini, menjadi penyebab hilangnya kehidupan terbaik bagi generasi mendatang.

Coba bayangkan, jika hari ini saja kita sudah kesulitan memperoleh udara segar akibat banyaknya polusi, bagaimana dengan generasi di masa depan? Tatkala teknologi semakin canggih, tentu tuntutan hidup akan semakin berat. Maka dari itu, hikmah mengapa kita harus menjaga kelestarian alam adalah mempersiapkan masa depan cerah untuk anak cucu kita kelak.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar