Mengapa Kita Perlu Melaksanakan Hak dan Kewajiban Kita Secara Seimbang

Setiap warga negara tentu akan memperoleh hak serta kewajibannya masing-masing. Dalam menjalankannya pun keduanya haruslah secara seimbang. Ada alasan mengapa kita perlu menjalankan hak dan kewajiban kita secara seimbang.

Seperti yang telah diketahui, untuk memperoleh hak maka seseorang di sini lebih dahulu perlu melaksanakan kewajibannya. Namun nyatanya masih banyak orang yang lalai untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Atau bahkan beberapa akan melaksanakan kewajiban dengan rasa yang kurang antusias. Padahal sebenarnya terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika kita mampu menjalankan kedua hal tersebut dengan seimbang.

Apa Saja Manfaat Menjalankan Hak dan Kewajiban Secara Seimbang?

1. Tingkat Pengangguran Akan Berkurang

Manfaat pertama yang bisa diperoleh yaitu tingkat pengangguran nantinya akan jauh lebih berkurang. Hak merupakan sesuatu yang mutlak dan menjadi milik dari tiap individu. Dalam pemanfaatannya hal tersebut tergantung pada tindakan serta keputusan dari diri kita sendiri.

Bisa juga dikatakan bahwasanya di sini adalah sebuah kuasa untuk melakukan ataupun menerima sesuatu. Sedangkan kewajiban yaitu beban yang mana di sini harus dilakukan oleh seseorang untuk memberikan sesuatu hal yang sudah semestinya untuk dilakukan.

Salah satu hak yang dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, yaitu masing-masing dari kita berhak memperoleh penghidupan serta pekerjaan yang layak. Hal tersebut telah dimuat dalam pasal 27 ayat 2.

Di dalam pasal tersebut jelas dikatakan bahwasannya ketika seseorang menjalankan kewajiban dan haknya secara benar, maka nantinya hal tersebut bisa menurunkan jumlah pengangguran yang ada di negara Indonesia. Hal itu dikarenakan lowongan pekerjaan yang yang akan meningkat dengan seiring waktu.

Editor terkait:

2. Hukum Akan Jauh Lebih Adil

Manfaat selanjutnya dari kita melaksanakan hak serta kewajiban denagn adil, yaitu hukum akan jadi lebih adil. Nantinya tidak akan muncul lagi sebuah kasus dimana rakyat kecil akan mendapatkan perlakuan diskriminasi secara hukum.

Tiap warga negara di sini diwajibkan untuk selalu menjunjung tinggi hukum serta pemerintah. Kewajiban tersebut perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya, maka tentu hal itu akan berdampak pada hukum yang menjadi lebih adil lagi kepada seluruh rakyat Indonesia. Demi terciptanya hukum yang tidak timpang merupakan alasan mengapa kita perlu menjalankan hak dan kewajiban kita secara seimbang.

3. Menciptakan Kerukunan

Oleh karena di sini tiap warga negara wajib untuk selalu menghormati hak asasi manusia, maka nantinya tentu akan tercipta sebuah kerukunan antar umat beragama.

Seperti kita ketahui, bahwa salah satu hal yang menjadi pemicu terjadinya perpecahan di lingkungan masyarakat yaitu oleh karena banyak orang yang seringkali melakukan tindakan tidak mencerminkan rasa menghargai hak asasi manusia tersebut. Dengan adanya kerukunan, tentu akan membuat hidup jadi lebih aman dan tentram.

Editor terkait:

4. Lebih Terjaminnya Pendidikan

Menjalankan hak dan kewajiban secara seimbang akan mampu untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi para generasi penerus bangsa. Setiap warga negara diwajibkan untuk mengenyam pendidikan dasar dan mereka berhak untuk memperoleh pendidikan yang benar-benar layak.

Kunci sukses sebuah negara maju di sini yaitu kualitas dari sumber daya manusianya yang baik. Untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas tersebut, tentunya belajar dengan tekun merupakan kunci utama.

Agar pendidikan lebih terjamin, maka sangat penting mengapa kita perlu menjalankan hak dan kewajiban kita secara seimbang agar nantinya negara Indonesia memiliki SDM yang berkualitas, sehingga bisa menjadikan negara kita yang berkembang menjadi negara maju nantinya.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar