Mengapa Dalam Masyarakat yang Memiliki Keberagaman Diperlukan Harmoni

Keberagaman dalam masyarakat sebenarnya adalah suatu hal yang indah. Setiap orang memiliki latar belakang, cara pandang, agama, cara berpikir, serta berbagai aspek lain yang beragam.

Namun tidak jarang keberagaman menyebabkan berbagai masalah, maka dari itu diperlukan adanya harmoni yang dapat merangkul masyarakat agar tidak mengalami masalah tersebut.

Alasan Masyarakat Dengan Keberagaman Memerlukan Harmoni

1. Agar Hidup Tentram, Damai, dan Sejahtera

Tentram, damai dan sejahtera yang dimaksud disini adalah sebuah keadaan emosi dalam diri yang tenang. Setiap orang tentunya menginginkan kehidupan yang tenang tanpa adanya perselisihan, terlebih di dalam masyarakat yang memiliki keberagaman. Sebab pada umumnya keadaan yang berbeda-beda dalam masyarakat sering menimbulkan berbagai masalah, sehingga perlu adanya harmoni untuk menciptakan situasi tentram, damai dan sejahtera di dalamnya.

2. Pentingnya Menghargai Perbedaan

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman dalam masyarakatnya. Misalnya seperti keanekaragaman etnis, ras, bahasa, serta agama. Bukanlah suatu hal yang mudah untuk menyatukan setiap perbedaan yang ada di dalam masyarakat tersebut. Hal ini juga menyebabkan adanya perbedaan tata cara, pandangan, serta tingkah laku dalam masyarakat yang sering menyebabkan timbulnya masalah atau perpecahan.

Dari sini dapat diketahui bahwa sikap toleransi atau saling menghargai di tengah-tengah keberagaman masyarakat sangatlah penting. Setiap masyarakat harus mampu menanamkan dalam benak masing-masing bahwa mereka memiliki kesetaraan yang sama. Sehingga akan tercipta sikap saling menghargai perbedaan guna menghadirkan harmoni dalam masyarakat.

3. Mencegah Konflik

Masyarakat dalam keberagaman memerlukan harmoni agar tidak terjadi konflik yang berkepanjangan. Suatu konflik dapat menjadi penyebab pecahnya persatuan dan kesatuan suatu bangsa. Upaya yang dapat dilakukan guna mencegah konflik ialah dengan saling menjaga kerukunan serta saling toleransi antar perbedaan yang ada di masyarakat. Hal ini membuat masyarakat dapat hidup berdampingan walaupun dalam perbedaan.

4. Mencegah Adanya Perpecahan

Masyarakat yang memiliki keanekaragaman perbedaan rawan akan terjadinya perpecahan. Hal ini dapat diatasi dengan adanya harmoni di dalam suatu masyarakat. Dengan adanya harmoni, masyarakat akan dapat lebih menghargai serta saling menghormati atas setiap perbedaan yang ada di dalamnya. Maka dari itu, harmoni dapat mencegah adanya suatu perpecahan.

5. Agar Tidak Terjadi Perselisihan

Perselisihan atau perbedaan pendapat sering kali muncul dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan setiap masyarakat pasti memiliki banyak perbedaan atau keberagaman. Guna mencegah timbulnya perbedaan pendapat atau perselisihan perlu adanya harmoni yang membentuk masyarakat untuk dapat saling menghormati dan menghargai, serta dapat saling melengkapi untuk mengatasi perselisihan yang sedang dihadapi.

6. Pancasila Menyuruh Agar Setiap Rakyat Dapat Harmonis

Sila ke-3 dalam Pancasila mewajibkan setiap masyarakat harus menjunjung tinggi persatuan di Indonesia. Digambar dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang memiliki arti walaupun terdapat banyak perbedaan namun harus tetap bersatu. Hal ini menjadi bukti bahwa Pancasila menyuruh agar setiap masyarakat dapat tetap harmonis walaupun dalam keberagaman.

7. Agar Pembangunan Negara Berjalan Lancar

Apabila tidak ada konflik dan perselisihan pembangunan negara akan berlangsung lebih lancar. Adanya konflik dan perselisihan tentu akan menjadi penghambat pembangunan negara sebab menambah beban bagi pemerintah. Konflik penghambat pembangunan negara misalnya seperti peristiwa Sampit.

Karena adanya berbagai perselisihan dan konflik tersebut pemerintah yang awalnya fokus terhadap pembangunan negara akan teralihkan demi mendamaikan berbagai konflik yang terjadi. Bukan hanya tenaga, untuk mendamaikan berbagai konflik juga membutuhkan biaya serta waktu lebih. Hal ini akan lebih parah apabila konflik terjadi di wilayah yang sedang menuju pembangunan.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar