Mengapa Manusia Perlu Aturan

Sebuah aturan memiliki peran penting dalam kehidupan agar manusia tidak bertindak di luar batas. Tujuan lain dari dibuatnya aturan adalah agar masyarakat lebih disiplin serta untuk mengatur interaksi manusia dengan makhluk hidup lain.

Manusia yang tidak taat terhadap aturan akan sulit mempunyai tujuan hidup yang baik. Oleh karena itu semua masyarakat harus melaksanakan setiap aturan yang ada.

Tujuan dan Alasan Mengapa Manusia Perlu Aturan

1. Guna Menciptakan Kerukunan

Aturan sangat penting untuk menciptakan kerukunan masyarakat. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan suku, ras, dan agama. Melalui peraturan yang dibuat oleh pemerintah maupun aturan penduduk setempat diharapkan manusia bisa saling toleransi. Selain itu diharapkan juga bisa mengurangi diskriminasi agar perbedaan dan aturan yang ada bisa menciptakan kerukunan.

2. Membuat Hidup Lebih Teratur

Manusia yang selalu melaksanakan aturan yang ada akan bisa membuat hidupnya lebih teratur. Tujuan hidup manusia juga lebih jelas dan terarah karena orang yang taat aturan akan memprioritaskan hal penting. Pola pikir masyarakat akan berubah dengan tidak melakukan hal-hal yang dilarang. Hidup teratur ini sangat penting bagi semua orang agar lebih produktif.

3. Menciptakan Ketentraman Hidup

Hidup yang aman dan tenteram tentu sangat diinginkan oleh semua orang. Terciptanya aturan akan membuat manusia memiliki hak untuk mendapatkan ketentraman tanpa adanya gangguan dari orang lain. Hal ini juga bertujuan agar semua orang bisa menghormati hak asasi orang lain. Maka dari itu semua masyarakat diharapkan taat terhadap aturan yang telah berlaku.

4. Membuat Manusia Disiplin

Disiplin adalah sebuah perilaku yang dapat ditunjukkan dengan kepatuhan terhadap aturan setempat. Orang yang disiplin tentu tidak akan mau melanggar aturan karena sudah memiliki prinsip bahwa aturan sangat penting dalam kehidupan. Hidup yang disiplin juga memiliki manfaat untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

5. Status Manusia sebagai Makhluk Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain dalam melakukan kehidupannya sehari-hari. Maka dari itu manusia perlu melakukan interaksi yang baik dengan orang lain. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan aturan yang berlaku. Aturan ini diharapkan dapat membuat hubungan antar masyarakat semakin baik dan terarah.

6. Menghindarkan dari Perbuatan Buruk

Pada hakekatnya aturan dibentuk untuk mengatur kehidupan manusia agar tidak melakukan hal-hal yang diluar batas. Setiap orang yang melanggar aturan pasti akan dikenai sanksi yang sesuai. Manusia yang patuh terhadap aturan pasti tidak akan melakukan tindak kejahatan karena paham terhadap konsekuensinya.

7. Menciptakan Keadilan Sosial

Keadilan sosial sangat penting diciptakan dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut berguna untuk menghindarkan kesenjangan sosial antar manusia. Adanya aturan diharapkan bisa membuat setiap orang memiliki hak yang sama. Jika aturan dilanggar tentu akan sangat berpengaruh terhadap terciptanya keadilan sosial.

8. Menumbuhkan Etika dan Moral

Manusia yang selalu melaksanakan aturan dengan baik akan menumbuhkan etika dan moral. Etika ini sangat penting dimiliki oleh semua orang. Masyarakat yang beretika dan bermoral baik tentu akan mempunyai tujuan hidup yang terarah. Maka dari itu tujuan lain dibentuknya aturan adalah agar bisa memperbaiki etika dan moral seseorang.

9. Pedoman Menjalani Kehidupan Sosial

Setiap orang pasti harus mempunyai suatu pedoman untuk menjalani kehidupannya sehari-hari. Adanya aturan diharapkan bisa mengatur kehidupan sosial yang baik. Maka setiap orang wajib mentaati hukum dan mengaplikasikannya dalam kehidupan agar terhindar dari perbuatan buruk.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar