Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

Membersihkan wajah sudah menjadi rutinitas penting bagi sebagian orang terutama bagi kaum hawa. Selain dapat membersihkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, membersihkan wajah secara rutin juga mampu mencerahkan kulit.

Namun, sangat penting memperhatikan sabun pencuci muka yang hendak kita gunakan. Kita tak boleh sembarangan. Sebab, sabun pencuci muka memiliki berbagai jenis, dan tiap jenisnya mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Dalam urusan mencuci muka, kita tentu tak asing mendengar istilah facial wash dan facial foam. Terlihat sama, namun terdapat perbedaan facial wash dan facial foam. Lantas di mana bedanya, agar tak salah pilih kita harus mengetahui dulu apa saja perbedaannya.

Beberapa Perbedaan Facial Wash dan Facial Foam

1. Cara Pemakaian

Facial wash terbilang lebih mudah cara menggunakannya dibandingkan dengan facial foam. Kita bisa langsung mengusapkannya ke wajah. Berbeda dengan facial foam, pada facial foam kita harus mengusapkannya dulu ke tangan untuk menghasilkan busa. Setelah itu, baru kita bisa usapkan pada wajah.

Editor terkait:

2. Fungsi Kegunaan pada Kulit Wajah

Facial wash berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kesegaran kulit wajah, selain itu juga untuk mencerahkan dan mencegah terjadinya iritasi pada wajah. Salah satunya karena adanya moisturizer yang terkandung di dalamnya.

Sedangkan kegunaan facial foam ialah untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Karena busa yang terkandung dalam facial foam itu sendiri.

3. Tekstur

Perbedaan facial wash dan facial foam selanjutnya terletak pada teksturnya. Pada facial wash teksturnya creamy dan gel. Tekstur gel cocok untuk kulit sensitive, gel yang ringan juga mampu membersihkan wajah dan membuatnya menjadi semakin terlihat lebih segar.

Sementara teksturnya yang creamy, di dalamnya terkandung moisturizer cocok untuk kulit kering dan menyamarkan tanda penuaan dini.

Sedangkan tekstur pada facial foam sendiri berbeda dengan facial wash. Facial foam memiliki tekstur yang lembut dan menghasilkan busa.

Busanya memiliki kemampuan mengangkat kotoran dan sisa-sisa make up. Karena kandungan yang terdapat dalam facial foam mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori.

4. Jenis Kulit Wajah yang Disarankan

Dilihat dari fungsinya, facial wash yang bersifat menghidrasi dan melembapkan kulit sangat cocok untuk kulit wajah yang sensitive, normal dan kering. Sehingga kulit wajah bisa tetap lembab dan tidak mudah iritasi. Selain itu, di dalam gel facial wash terdapat kandungan anti jerawat, jadi sangat tepat bila digunakan untuk kita yang acne prone.

Beda halnya dengan facial foam. Teksturnya yang berbusa dan lembut, berguna untuk mengangkat kotoran dan minyak yang berlebihan pada wajah, sangat cocok digunakan bagi pemilik wajah yang berminyak.

Dan juga, facial foam ini terbukti mampu menembus ke dalam pori-pori, hingga dapat mengeluarkan sel-sel kulit mati yang terdapat di dalam sana.

Editor terkait:

5. Efek pada Wajah

Perbedaan facial wash dan facial foam yang terakhir. Walaupun keduanya sama-sama pembersih wajah, namun keduanya memiliki efek yang berbeda pada kulit wajah.

Jika kita membersihkan wajah dengan menggunakan facial wash, wajah kita akan terlihat lebih lembut dan lembab. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya dan teksturnya yang creamy dan gel.

Sementara itu, jika kita menggunakan facial foam, wajah kita cenderung terbebas dari minyak sehingga menghasilkan wajah yang tampak lebih segar dan bersih. Hal itu dikarenakan adanya busa yang berfungsi mengangkat kotoran dan minyak berlebih itu tadi.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar