Mengapa Kita Harus Lebih Menjaga Kebersihan Saat Memasuki Masa Puber

Masa puber merupakan masa dimana organ-organ reproduksi mulai bekerja dan karakteristik seks mulai timbul. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat memasuki masa puber?

Hal ini dikarenakan ketika memasuki masa puber akan terjadi banyak perubahan dalam tubuh. Contoh perubahan yang akan terjadi ialah meningkatnya hormon kelamin yang juga memicu peningkatan kelenjar keringat. Maka dari itu, kita harus lebih menjaga kebersihan.

Apabila kebersihan tubuh tidak terjaga, maka akan menyebabkan terjadinya berbagai gangguan kesehatan. Proses perkembangan yang terjadi di masa puber bisa saja terganggu dengan kesehatan dan kebersihan yang tidak terjaga.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Saat Masa Puber

1. Terhindar Dari Penyakit Organ Reproduksi

Apabila tidak menjaga kebersihan tubuh dengan benar saat memasuki masa pubertas. Kemungkinan yang bisa saja terjadi ialah terkena berbagai penyakit organ reproduksi yang berbahaya. Penyakit ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau kotoran karena tidak memperhatikan kebersihan tubuh. Oleh sebab itu, sangat penting menjaga kebersihan tubuh, terlebih lagi di masa pubertas.

Editor terkait:

2. Menjaga Kebugaran

Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh saat masa puber juga akan berpengaruh pada fungsi-fungsi setiap organ tubuh. Apabila mampu menjaga kebersihan tubuh, maka setiap fungsi tubuh akan berada pada keadaan yang optimal, hal ini akan pula membuat tubuh terasa lebih bugar. Kebugaran tubuh akan mempengaruhi kinerja dalam beraktivitas sehari-hari.

3. Menjaga Perasaan Emosional

Ketika masa pubertas pastinya akan terjadi pula perubahan dalam perasaan emosional. Perasaan yang berubah-ubah ini bisa lebih terkontrol dengan menjaga kebersihan tubuh. Dengan tubuh yang segar juga bisa lebih mengrefreshkan pikiran, sehingga perasaan bisa terasa lebih bahagia.

4. Menumbuhkan Percaya Diri

Keadaan tubuh yang tidak bersih pada remaja yang sedang mengalami masa puber dapat membuat rasa yang tidak nyaman. Rasa tidak nyaman ini akan sangat mengganggu mereka dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Hal berbeda akan terjadi apabila mereka memperhatikan kebersihan tubuh. Kepercayaan diri akan timbul dengan kebersihan tubuh yang terjaga.

5. Menjaga Bau Badan

Masa pubertas menyebabkan perubahan pada beberapa bagian tubuh. Diantaranya adalah tumbuhnya rambut rambut pada sekitar kemaluan dan juga ketiak. Kelenjar keringat yang diproduksi pada masa pubertas pun lebih banyak daripada di masa anak anak.

Tubuh akan terasa lebih berkeringat dan lebih bau pada area area tertentu, seperti ketiak. Apabila kebersihan tubuh tidak dijaga dengan baik, maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh. Inilah mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat memasuki masa puber.

Editor terkait:

6. Menjaga Kebersihan Miss V

Apabila tidak menjaga kebersihan miss v pada masa puber, maka dapat menimbulkan berbagai dampak. Diantaranya adalah dapat membuat miss v merasa gatal atau kemerah-merahan. Hal ini bisa terjadi disebabkan karena kebersihan miss v yang kurang terjaga.

Dampak yang lebih buruk dari tidak menjaga kebersihan miss v ini ialah timbulnya kanker yang dapat berupa kanker jinak atau bahkan kanker ganas. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan miss v saat sedang berada di masa puber, sebenarnya bukan hanya kebersihan miss v yang harus dijaga tetapi juga kebersihan seluruh tubuh.

7. Menjaga Dari Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada alat reproduksi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, perih, dan gatal. Kebersihan yang tidak terjaga merupakan penyebab utama munculnya infeksi jamur pada alat reproduksi. Maka dari itu, hal ini jugalah yang menyebabkan mengapa kita harus lebih menjaga kebersihan saat memasuki masa puber.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar