Mengapa Kita Harus Bekerja Sama

Manusia merupakan makhluk sosial yang mengharuskannya untuk bersosialisasi atau bekerja sama. Itulah mengapa kita harus bekerja sama antara satu dengan lainnya, karena memang dasarnya kita sebagai manusia membutuhkan orang lain.

Selain memang karena sifat dasar seorang manusia, bekerja sama dengan sesama bisa membuat beberapa hal yang positif. Bahkan banyak pekerjaan sekarang yang mengharuskan kita untuk saling bekerja sama.

Dari kerjasama yang dibangun akan menghasilkan beberapa hal yang diinginkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa seorang manusia harus bekerja sama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Alasan Kenapa Kita Harus Saling Bekerja Sama Dalam Menyelesaikan Suatu Pekerjaan

1. Mempermudah Pekerjaan Seseorang

Alasan yang pertama adalah mempermudah pekerjaan seseorang. Misal pekerjaan yang semula harus dikerjakan oleh 1 orang akan diselesaikan oleh 3 orang, maka pekerjaan tersebut bisa dengan mudah dikerjakan karena sudah dibagikan menjadi beberapa bagian.

Hal ini akan membuat sebuah pekerjaan jauh lebih mudah dari sebelumnya karena sudah dikerjakan lebih dari 1 orang. Selain mempermudah seseorang, beban tugas yang awalnya harus dipikul oleh 1 orang juga akan terasa lebih ringan jika bekerja sama.

Editor terkait:

2. Akan Lebih Banyak Ide yang Bisa Digunakan

Dengan lebih banyak orang yang bekerja, maka semakin banyak kepala yang bisa membantu memikirkan ide. Ide-ide tersebut bisa dibicarakan bersama dan mendapatkan sebuah ide yang lebih baik, atau bahkan menggabungkan ide-ide yang sudah dimasukan untuk mendapatkan sebuah ide baru yang jauh lebih bagus.

Untuk pekerjaan yang memerlukan sebuah ide kreatif seperti pemasaran atau promosi produk sebaiknya menggunakan lebih dari 1 orang untuk memikirkan ide. Karena dengan 2 atau 3 orang yang memikirkan sebuah ide, hasil promosi produk tersebut akan jauh lebih baik.

3. Pekerjaan Bisa Lebih Cepat Selesai

Hampir sama dengan poin pertama, alasan mengapa kita harus bekerja sama untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang selanjutnya agar lebih hemat waktu. Jika disuruh memilih antara sebuah pekerjaan yang diselesaikan oleh 1 orang dalam waktu 1 minggu atau pekerjaan yang diselesaikan oleh 3 orang dalam waktu 4 hari, rata-rata orang akan memilih pilihan pertama.

Hal ini wajar saja karena selain menghemat tenaga, seseorang bisa melakukan pekerjaan lainnya jika memiliki waktu kosong. Oleh sebab itu, untuk bisa menghemat waktu yang banyak maka sebaiknya bekerja samalah dalam sebuah team.

4. Hasil yang Diperoleh Lebih Baik

Karena bekerjasama atau bekerja dalam sebuah team pastinya hasil yang diperoleh juga lebih baik dari pekerjaan yang seharusnya diselesaikan oleh 1 orang saja. Hal ini karena di setiap bidang yang dikerjakan oleh 1 orang pasti menginginkan yang terbaik, oleh sebab itu ketika menggabungkan pekerjaan menjadi 1 namun ada yang dianggap kurang bagus maka akan diminta memperbaikinya.

Hal ini sangat cocok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan desain atau programing. Misalnya diminta membuatkan sebuah aplikasi, maka akan ada yang mengerjakan desain dan ada yang mengerjakan alur program aplikasi. Ketika semua pekerjaan disatukan menjadi sebuah aplikasi pasti diperiksa apakah sudah cocok atau belum, jika belum maka akan diperbaiki lagi.

Editor terkait:

5. Membangun Kemistri Pekerjaan

Dan alasan yang terakhir mengapa kita harus bekerja sama dalam pekerjaan adalah untuk membangun kemistri. Hal ini sangat cocok bagi pekerjaan yang berhubungan dengan dunia entertain. Sebagai contoh di bagian komedi saat seseorang melakukan kesalahan ketika pentas diatas panggung, maka rekan dari orang tersebut bisa mengalihkan kesalahan dengan candaan lainnya.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar