Mengapa Bangsa Indonesia Harus Bersatu

Sebagai sebuah negara, tentu saja Indonesia harus memegang teguh persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, nilai-nilai persatuan ini biasanya sudah diperkenalkan sejak dini kepada anak.

Hal ini tidak lain dilakukan demi menjaga keberlangsungan dan keutuhan bangsa Indonesia. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh apabila suatu bangsa negara mengedepankan kesatuan. Nah, di bawah ini terdapat berbagai macam alasan penting bahwa bangsa Indonesia wajib bersatu.

Alasan Bangsa Indonesia Harus Bersatu

1. Menghilangkan Bentuk Penjajahan

Apabila di Indonesia tidak ada persatuan, maka hal tersebut bisa menimbulkan bentuk penjajahan baru di jaman modern sekarang ini. Ini juga berarti bahwa negara lain akan semakin mudah untuk menyusupi atau mengendalikan untuk ikut campur di dalam seluruh kegiatan yang diselenggarakan oleh bangsa Indonesia. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan bahwa banyak kerugian yang dimunculkan, khususnya akan dirasakan oleh rakyat.

2. Mengatasi Perbedaan Kelompok

Indonesia menjadi negara yang terbentuk oleh berbagai suku, agama, adat, budaya, nilai sosial, dan ras. Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara Indonesia ini mengisyaratkan bahwa terdapat banyak kelompok serta perbedaan di tanah air tetaplah menjadikan bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan.

Semboyan itu yang harus terus diagungkan supaya semangat persatuan di Indonesia tidak akan pernah padam. Dengan adanya persatuan terhadap perbedaan kelompok tersebut, maka akan menyatukan serta menjadi sebuah kekuatan penuh agar negara tidak sampai terpecah belah.

3. Mengurangi Terjadinya Konflik

Tanpa adanya persatuan serta kesatuan, maka bangsa Indonesia tidak akan dapat menjadi negara yang maju. Hal dikarenakan nantinya fokus Indonesia pasti hanyalah untuk menangani konflik apabila tidak terdapat persatuan diantara masyarakatnya. Saat fokus tersebut hanya pada satu masalah saja, maka untuk masalah yang lainnya pun akan susah untuk ditangani secara baik.

4. Menciptakan Stabilitas Keamanan

Di masa sekarang ini, saat penjajahan dari negara lain semakin berkurang, maka persatuan serta kesatuan tetaplah menjadi salah satu hal utama untuk berdirinya negara Indonesia. Pasalnya, persatuan akan menjamin ketentraman dan keamanan masyarakat Indonesia guna melakukan berbagai kegiatan.

Persatuan juga akan mendorong tanah air tercinta ini untuk semakin maju. Tanpa adanya persatuan, maka konflik yang terjadi antar anak bangsa bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Lahirnya konflik yang berkepanjangan ini nantinya dapat berpengaruh dengan stabilitas negara Indonesia itu sendiri.

5. Memperkuat Jati Diri Bangsa

Semangat persatuan dan kesatuan tentu saja dapat memperkuat jati diri bangsa Indonesia. Jati diri bangsa yang kokoh membuat negara Indonesia tidak diremehkan oleh negara lainnya. Hal ini akan semakin memudahkan dalam menjalin suatu kerja sama dengan negara lainnya demi kemajuan bangsa Indonesia.

6. Alat Untuk Mencapai Tujuan Bangsa

Masyarakat yang bersatu bisa menjadi suatu alat untuk mencapai tujuan bangsa Indonesia. Tujuan bangsa Indonesia sendiri seperti melindungi segenap bangsa, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan bangsa, dan melaksanakan ketertiban dunia. Dengan adanya persatuan, maka seluruh tujuan tersebut kemungkinan besar dapat terwujud dengan baik.

7. Menghilangkan Diskriminasi

Persatuan dan kesatuan bangsa dapat menghilangkan perbedaan yang ada di dalam lingkungan masyarakat Indonesia yang beraneka ragam. Rasa persatuan serta kesatuan ini akan menghapuskan sikap diskriminasi, dikarenakan seluruh masyarakat adalah satu Indonesia. Apabila tidak terdapat diskriminasi dalam masyarakat, tentu saja kehidupan dan kegiatan bangsa bisa terlaksana dengan damai dan efisien.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar