Mengapa Indonesia Memiliki 3 Daerah Waktu

Indonesia yang wilayahnya sangat luas tentu memiliki perbedaan zona waktu yang sama seperti negara-negara lainnya. Di negara ini, zona waktu tersebut dibedakan menjadi tiga yakni WIB, WITA, dan WIT.

Mungkin ada yang penasaran, mengapakah Indonesia memiliki perbedaan zona waktu yang berbeda-beda? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini.

7 Hal yang Membuat Indonesia Memiliki Perbedaan Daerah Waktu

1. Rotasi Bumi

Bumi senantiasa melakukan rotasi, dimana bumi akan berputar selama 360 derajat setiap harinya. Hal tersebut membuat seluruh wilayah yang ada di Bumi mengalami perbedaan waktu yang cukup signifikan, sebab bumi memiliki bentuk bulat yang menyerupai telur asin.

Rotasi bumi itu juga menyebabkan Indonesia memiliki perbedaan tiga daerah waktu. Bumi yang berotasi sebanyak 15 derajat membutuhkan waktu selama kurang lebih satu jam. Berdasarkan hal tersebut, bisa diperkirakan bahwa setiap tempat yang ada di bumi akan mengalami perbedaan selama satu jam.

2. Wilayah Indonesia yang Begitu Lebar

Indonesia memiliki wilayah yang lebar dan luas, dan hal tersebut turut serta menjadi faktor mengapa Indonesia memiliki perbedaan zona waktu yang selisihnya terdiri atas satu jam. Setiap daerah yang ada di Indonesia. Wilayah itu juga memiliki selisih perbedaan yang cukup besar, yakni 46 derajat dibagi oleh 15 derajat.

3. Letak Astronomi Indonesia

Letak astronomi Indonesia juga membuat perbedaan waktu menjadi tampak signifikan. Indonesia terletak diantara 96 derajat Bujur Timur hingga 141 derajat Bujur Timur. Perbedaan waktu antara WIT, WIB, dan WITA kemungkinan besar terjadi karena letak astronomi yang ada diantara daerah yang termasuk ke dalam tiga zona tersebut.

Perbedaan zona waktu memang seringkali dibedakan karena perbedaan posisi garis bujur, sebab garis lintang mengacu pada penentuan berapa lama durasi siang pada suatu lokasi. Panjang wilayah Indonesia secara keseluruhan terdiri atas tiga jam yang ditentukan karena garis bujur dari barat hingga daerah timur.

4. Perbedaan Waktu Beribadah

Seperti yang sudah diketahui, mayoritas masyarakat Indonesia menganut kepercayaan agama Islam. Karena itu, mereka memerlukan waktu yang sesuai ketika ingin beribadah setiap hari, sebab waktu beribadah yang mereka lakukan mengikuti posisi matahari.

Selama beberapa tahun, zona waktu di Indonesia sempat mengalami perubahan tertentu. Akan tetapi, pada awal abad 20-an akhirnya pemerintah memutuskan untuk menetapkan daerah mana yang memiliki perbedaan waktu selama satu jam.

5. Perbedaan Percepatan Gravitasi

Gravitasi bumi menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan bumi mengalami perbedaan waktu. Wilayah Indonesia pada bagian timur kemungkinan besar akan mendapatkan cahaya matahari lebih dahulu dibandingkan wilayah Indonesia yang ada di bagian barat.

6. Berpacu pada GMT

Perbedaan zona waktu Indonesia mengacu pada GMT karena sistem pengukuran ini digunakan secara universal oleh seluruh negara di dunia untuk menetapkan waktu yang dimiliki oleh suatu negara. Pengukuran ini disesuaikan dengan letak geografis, dan Indonesia membagi wilayahnya menjadi tiga zona waktu yang mengacu pada GMT.

7. Menyesuaikan Siklus Harian Matahari

Siklus harian matahari yang rutin terjadi menyebabkan wilayah di bumi mengalami perbedaan waktu yang tampak mencolok. Setiap wilayah yang ada di Indonesia kemungkinan memiliki waktu berbeda dalam hal jam berapa matahari muncul pertama kali dari ufuk timur.

Pada bagian Indonesia sebelah timur, kemungkinan mereka akan melihat matahari pertama kali dua jam sebelum wilayah bagian barat. Hal yang sama terjadi ketika matahari tenggelam, wilayah sebelah timur akan mengalami sore hari lebih awal dibandingkan dengan wilayah barat.

Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pendidikan atau konten menarik lain di PPPA

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar