Perbedaan Gitar Dan Ukulele

Sebagai seorang penikmat musik, alat-alat musik tradisional seperti gamelan, angklung, dan kecapi tentu sudah tak lagi asing di telinga. Begitu pula dengan alat musik modern seperti gitar, drum, dan ukulele. Namun, tahukah kamu perbedaan gitar dan ukulele? Sebab dua alat musik ini terlihat mirip, tapi tak sama.

Selain memiliki ukuran yang berbeda, gitar dan ukulele ternyata seringkali dimainkan pada situasi yang berbeda.

Misalnya gitar sering digunakan pada acara-acara formal, sedangkan ukulele sendiri dimainkan pada acara non-formal agar suasana bisa lebih santai.

Bingung Dengan Perbedaan Gitar Dan Ukulele? Cek Ini Supaya Kamu Paham

1. Ukuran yang Berbeda

Perbedaan gitar dan ukukele yang paling dasar bisa dilihat pada ukuran masing-masing. Jika gitar memiliki ukuran yang berkisar antara 39 sampai dengan 41 Inch, ukulele sendiri memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Ukuran normal untuk ukulele adalah berkisar antara 21 hingga 26 Inch atau sesuai kebutuhan pengguna. Hal ini dimaksudkan agar ukulele bisa terkostumisasi dengan baik sesuai dengan yang pengguna inginkan.

Gitar dan ukulele dapat dikatakan memiliki rasio 1:2 pada ukuran. Yaitu 1 untuk ukuran gitar, berbanding 2 untuk ukuran ukulele.

Sebab itu pula, harga yang dipatok untuk kedua alat musik tersebut tentu berbeda. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil daripada gitar, membuat harga jual dari ukulele menjadi murah dan terjangkau.

Editor terkait:

2. Memiliki Tipe yang Berbeda

Perbedaan selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi gitar dan ukulele terletak pada tipe masing-masing alat musik tersebut.

Maksudnya adalah, gitar memiliki 2 tipe yaitu gitar elektrik yang dapat disambungkan dengan arus listrik guna mengkonfigurasi pitch suara, dan juga gitar akustik yang mengharuskan pengguna untuk bisa mensetting secara manual pengaturan suara pada gitar tersebut.

Sedangkan ukulele sendiri memiliki 4 tipe variasi yaitu alto, bariton, soprano, dan tenor. Pada perjalanannya ukulele juga memasuki fase baru dalam inovasi permainan, yakni dengan diperkenalkannya tipe bass.

Masing-masing dari variasi ukulele diatas memiliki kegunaan dan teknik permainan tersendiri yang membuat ukulele bisa saja menjadi alternatif untuk gitar dalam situasi tertentu.

3. Tali Senar Yang Berbeda

Gitar adalah alat musik modern yang dapat digunakan untuk mengiringi berbagai aliran musik, tidak terbatas pada beberapa aliran saja. Ini disebabkan karena gitar memiliki 6 senar dan dapat mengeluarkan nada yang sangat bervariasi. Hal tersebut membuat gitar masih terus menjadi primadona di kalangan musisi maupun seniman.

Sedangkan untuk ukulele, alat musik yang satu ini hanya memiliki 4 senar saja. Tentunya keterbatasan yang dimiliki oleh ukulele juga mempengaruhi musik yang dapat diiringi olehnya. Sehingga wajarlah apabila dikatakan bahwa musik yang dapat dimainkan dengan ukulele terdengar begitu segmentis dan terbatas.

Editor terkait:

4. Material Dasar Senar yang Berbeda

Perbedaan gitar dan ukulele yang terakhir terdapat pada materi pembentuk senar masing-masing alat musik tersebut.

Untuk gitar, senar yang digunakan biasanya dibuat dari bahan baja dan juga nilon. Tujuannya adalah agar senar pada gitar bisa bertahan lebih lama. Sebab biasanya gitar dipetik lebih keras daripada ukulele, sehingga material untuk membuat senar gitar haruslah lebih kuat.

Sedangkan untuk ukulele, biasanya alat musik ini menggunakan bahan plastik yang kemudian dirajut menjadi benang nilon sebagai senarnya. Hal ini terjadi karena petikan dari ukulele sendiri tidak perlu terlalu keras dan dapat dialihkan kepada permainan mendayu-dayu, yang menjadi dasar terciptanya alat musik bernama ukulele ini.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar