Pengertian Bitcoin Halving Beserta Efek dan Fungsinya

Dalam dunia investasi cryptocurrency, seringkali investor ataupun trader mempertanyakan pengertian, cara kerja dan fungsi Bitcoin Halving. Hal tersebut sangat penting diketahui oleh trader terutama penggemar dan miner Bitcoin.

Pengertian Bitcoin Halving

Istilah Bitcoin Halving merujuk pada keadaan saat jumlah Bitcoin mengalami penurunan. Reward block yang dikurangi setengahnya selalu terjadi saat mencapai 210.000 blok. Tahukah Anda apa itu reward block? Reward block adalah imbalan yang akan penambang Bitcoin dapatkan setelah sukses melakukan penambangan satu blok Bitcoin.

Keadaaan ini juga terjadi saat 50% dari jumlah suplai koin reward block sudah berada dalam peredaran trader. Selain itu, Halving biasanya terjadi setiap 4 tahun sekali sesuai dengan kode yang ada.

Alasan mengapa jumlah reward block yang penambang Bitcoin dapatkan berkurang yaitu karena jumlah suplai Bitcoin yang terbatas. Sehingga, jumlah reward block dikurangi setengahnya agar pasokan Bitcoin tetap ada dan tahan sampai jangka waktu yang cukup lama.

Efek dan Fungsi Halving Bitcoin

Setelah mengetahui pengertian singkat mengenai Bitcoin Halving, Anda juga perlu memahami efek dan fungsi dari Halving. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui efek dan fungsi dengan jelas.

1. Efek Halving bagi Trader Bitcoin dan Mata Uang Kripto

Peristiwa Halving memiliki efek yang cukup berpengaruh bagi para trader maupun mata uang kripto. Salah satu efeknya adalah terjadi penurunan dan kenaikan harga Bitcoin setelah atau sebelum terjadinya Halving.

Kenaikan harga Bitcoin yang terjadi setelah Halving mempengaruhi setiap transaksi mata uang kripto. Karena dalam keadaan harga yang mengalami kenaikan ataupun penurunan, jumlah Bitcoin justru berkurang dan permintaan semakin meninggi. Oleh karena itu, mata uang kripto Bitcoin semakin mudah menarik minat investor dan trader di seluruh penjuru dunia.

Selain itu, efek negatif dari adanya Halving dapat membuat trader menghentikan proses trading Bitcoin. Hal tersebut terjadi karena adanya ketidakseimbangan jumlah dan harga Bitcoin sebelum atau setelah Halving.

Efek tersebut juga membuat sebagian trader menemukan kerugian dari transaksi yang mereka lakukan. Bahkan, beberapa trader juga bisa saja mengambil tindakan berupa pengalihan aset pada mata uang kripto lainnya.

2. Fungsi Halving

Fungsi utama dengan adanya sistem Halving bertujuan untuk mengendalikan penawaran mata uang kripto seperti Bitcoin. Sehingga, transaksi jual beli Bitcoin tetap berharga dan memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap trader. Bahkan, waktu terjadinya Halving juga menjadi momen yang para trader tunggu-tunggu dan prediksikan setidaknya dalam jangka waktu 4 tahun sekali.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi singkat mengenai fenomena Halving Bitcoin? Anda juga bisa memeriksa update terbaru mengenai mata uang digital kripto seperti Bitcoin di website https://pintu.co.id. Demikian ulasan singkat mengenai Bitcoin Halving, semoga bermanfaat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close