Mengapa Otot Perlu Kelenturan

Tubuh manusia tersusun atas 600 otot. Tot terbentuk dari sel khusus yang disebut sebagai serabut otot. Pengertian otot yaitu jaringan di dalam tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat gerak yang aktif untuk bisa menggerakkan tulang.

Otot manusia terbagi menjadi 3 jenis yaitu otot polos, otot lurik dan otot jantung. Otot menggerakan suatu organ, untuk bisa berfungsi dengan baik ternyata otot juga perlu kelenturan mengapa demikian? 

Alasan Mengapa Otot Perlu Kelenturan

1. Kelenturan mempertahankan fleksibilitas otot

Otot perlu kelenturan supaya tetap terjaga fleksibilitasnya. Otot erat kaitannya dengan sendi, otot yang lentur mengurangi kekakuan pada sendi. Ketika sendi bisa bergerak bebas kegiatan pun bisa berlangsung dengan ringan. Ibarat sepeda sendi adalah pedal sedangkan otot adalah rantainya bila rantai dilumasi dengan baik kinerja sepeda menjadi lebih ringan bukan.

2. Mengurangi cidera

Otot yang kaku biasanya terjadi karena digunakan dalam jangka waktu lama tanpa adanya refleksi. Otot kaku ini bisa berbahaya karena bisa mengakibatkan cedera. Contohnya saat lama duduk di depan komputer otot paha akan menjadi kaku ketika akan dipakai untuk berdiri dan berjalan bagian otot akan terasa tidak nyaman.

3. Mengurangi cidera saat olahraga

Sebelum olahraga pasti dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan sebelum olahraga berguna untuk melenturkan otot. Otot yang sudah lentur meminimalisir terjadinya cedera saat berolahraga, karena ketika olahraga semua anggota tubuh bergerak, otot dan sendi pun juga bergerak aktif. Saat anggota tubuh bergerak otot akan tertarik dan bisa terkilir jika tidak lentur.

4. Kelenturan relaksasi dan kontraksi otot

Otot perlu kelenturan supaya bisa relaksasi dan kontraksi supaya regangan otot menjadi lebih fleksibel. Otot yang fleksibel mudah digerakkan ketika beraktivitas. Fleksibilitas atau kelenturan yaitu kemampuan tubuh untuk bisa mendapatkan ruang gerak sendi

5. Membantu postur tubuh

Kelenturan otot juga bisa membantu postur tubuh. Otot membantu menyeimbangkan perasaan tegang otot-otot yang ada di dalam tubuh. Postur tubuh yang baik akan meminimalisir terjadi stres beban tubuh dan bisa memaksimalkan kekuatan gerak. Memperbaiki postur ini contohnya pada panjang bahu, panjang kaki, panjang tulang punggung dan semuanya yang bisa dipengaruhi oleh kelenturan otot.

6. Latihan kelenturan menjadikan tubuh lebih sehat

Kelenturan dibutuhkan otot untuk menjadi lebih sehat. Tubuh yang sehat dan bugar akan membuat gerak lebih terasa ringan dan tentunya tubuh tidak mudah sakit. Latihan kelenturan ini bisa dimulai dari kegiatan yang ringan bila dilakukan secara konsisten tentu otot akan menjadi lebih sehat.

7. Memperlancar suplai darah dan nutrisi

Otot perlu kelenturan karena otot meningkatkan kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan suplai darah dan juga nutrisi ke dalam persendian. Dengan nutrisi ini ketegangan pada otot akan teratasi dengan baik.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close