Mengapa Metamorfosis Yang Terjadi Pada Katak Disebut Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis adalah proses daur hidup hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh dari mulai menetas, lahir sampai menjadi hewan dewasa.

Metamorfosis ini dibedakan menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis sebagian atau tidak sempurna. Tahukah Kamu salah satu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna ini adalah katak. Mengapa demikian?

Alasan proses metamorfosis yang terjadi pada katak disebut sebagai metamorfosis sempurna

1. Mengalami perubahan bentuk tubuh yang berbeda

Salah satu ciri hewan mengalami metamorfosis sempurna adalah melalui fase pupa seperti kupu-kupu. Namun katak tidak mengalami proses pupa, lantas mengapa metamorfosis katak bisa dikatakan sempurna. Hal itu karena katak dari telur sampai menjadi hewan dewasa terus mengalami perubahan fisik yang jauh berbeda.

2. Katak yang baru menetas berbeda dengan katak indukannya

Katak yang baru menetas akan memiliki bentuk tubuh yang sangat jauh berbeda dengan bentuk tubuh kata dewasa atau indukannya. Katak yang baru menetas dari telur dinamakan kecebong atau berudu bentuk tubuhnya ini lebih mirip dengan ikan dibandingkan katak.

3. Siklus hidup katak dari telur

Metamorfosis tidak terlepas dari siklus hidup katak. Siklus hidup katak ini dimulai dari katak indukan yang mengeluarkan telur dalam jumlah banyak, telur katak ini sebelumnya sudah dibuahi oleh sel sperma jantan melalui kloaka. Telur-telur ada yang mentes dalam waktu beberapa hari, dan ada juga yang sampai lama.

4. Telur menetas menjadi berudu atau kecebong

Telur katak yang sudah menetas kemudian menjadi berudu atau kecebong. Berudu bentuknya lebih mirip dengan ikan karena memiliki insang yang membuatnya bisa bernafas di air serta memiliki ekor dan bukannya kaki seperti katak dewasa. Kecebong ini bertahan hidup dengan memakan alga atau tumbuhan air lainnya.

5. Katak hidup menjadi kecebong dalam waktu berminggu minggu

Fase selanjutnya adalah kecebong berkaki, dimana kecebong yang terlihat seperti ikan kecil yang berenang sudah memiliki kaki kecil untuk membantunya bergerak. Fase kecebong berlangsung dalam waktu yang lama yaitu sampai berminggu-minggu. Orangan kecebong mulai mengalami pertumbuhan seperti pada paru-paru dan kaki belakang. Katak membutuhkan paru-paru untuk bisa bernafas ketika berada di darat.

6. Katak muda bentuk tubuh sudah mulai menyerupai katak

Setelah fase kecebong masuk ke fase katak muda dimana kaki depan sudah mulai tumbuh, ekor juga sudah mulai memendek. Ekor kecebong ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh katak, jadi sampai ekor katak benar-benar sudah menghilang sebenarnya katak tidak butuh makan. Fase katak muda ditandai dengan ekor katak yang sudah benar-benar pendek. Katak muda ini sudah bisa berpindah ke darat meskipun ukuran tubuhnya masih sangat kecil.

7. Katak dewasa siklus hidup terlama

Memasuki fase katak dewasa, ekor katak sudah tidak ada. Katak sudah bisa memakan hewan yang ada di darat seperti serangga. Proses pertumbuhan dan perkembangan katak ini bisa berlangsung 2-4 tahun lamanya sampai katak siap untuk berkembang biak.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar