Mengapa Ikan Cupang Mengeluarkan Gelembung

Nama Ikan Cupang pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat apalagi bagi mereka yang menyukai jenis ikan hias air tawar. Ada 1 kebiasaan Ikan Cupang yang pasti sering anda lihat saat mereka berenang di dalam akuarium, kebiasaan tersebut adalah mengeluarkan gelembung-gelembung saat berenang.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa alasan kenapa ikan cupan sering sekali mengeluarkan gelembung-gelembung saat berenang.

7 Alasan Kenapa Ikan Cupang Sering Mengeluarkan Gelembung Saat Berenang

1. Tanda Bahaya

Ikan Laga atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan Ikan Cupang merupakan ikan air tawar yang memiliki habitat asli di beberapa Negara Asia Tenggara dan memiliki sebuah kebiasaan unik yaitu mengeluarkan gelembung. Gelembung tersebut kadang digunakan sebagai penanda bahaya bagi kelompoknya.

2. Penanda Kondisi Tubuh

Dengan gelembung-gelembung yang dikeluarkan oleh Ikan Cupang juga bisa anda gunakan sebagai penanda kondisi tubuh atau kesehatan ikan tersebut. Seperti yang kita ketahui Ikan Cupang terkenal sering mengeluarkan gelembung saat berenang, namun ketika tiba-tiba ikan tersebut jarang mengeluarkan gelembung saat berenang maka bisa dipastikan kondisi dari Ikan Cupang anda kurang sehat atau sedang sakit.

3. Sebagai Penarik Perhatian Kepada Lawan Jenis

Ikan Cupang juga sering menggunakan gelembung-gelembung untuk menarik perhatian lawan jenis. Biasanya Ikan Cupang jantan akan berenang sekitaran Ikan Cupang betina sambil mengeluarkan gelembung untuk menarik perhatian saat tiba musim kawin.

4. Pertanda Ikan Cupang Siap untuk Kawin

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa gelembung Ikan Cupang bisa digunakan untuk menarik perhatian lawan jenisnya, ada juga alasan lain kenapa Ikan Cupang sering mengeluarkan gelembung saat berenang adalah sebagai pertanda bahwa ikan tersebut sudah siap untuk kawin. Perilaku ini sudah menjadi kebiasaan natural Ikan Cupang apalagi ketika sudah masuk musim kawin.

5. Sebagai Wadah Bagi Telur

Alasan selanjutnya kenapa Ikan Cupang Sering mengeluarkan gelembung saat berenang adalah untuk dijadikan sebagai wadah bagi telur-telur Ikan Cupang. Namun uniknya gelembung yang dibuat sebagai wadah telur tersebut akan dibuat oleh Ikan Cupang jantan.

6. Sebagai Tempat Berlindung

Gelembung-gelembung yang dikeluarkan oleh Ikan Cupang juga dibuat untuk tempat berlindung atau sebagai kamuflase saat mereka merasakan bahaya. Pada habitat aslinya Ikan Cupang akan membuat gelembung untuk mengalihkan predator yang ingin memangsanya kemudian melarikan diri saat kondisi mulai aman.

7. Sebagai Tanda atau Pembatas Teritorial

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Ikan Cupang merupakan ikan teritorial yang tidak suka jika wilayahnya dimasuki hewan lain bahkan oleh sesama Ikan Cupang. Oleh sebab itu untuk menunjukkan batas wilayahnya Ikan Cupang akan membuat gelembung yang berfungsi untuk memberikan tanda kepada hewan lainnya tentang batas wilayah miliknya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar