Mengapa di Kolam Renang Terdapat Aturan Tidak Boleh Melompat ke Kolam

Bagi Anda yang sering bermain di kolam renang, pasti tidak asing lagi dengan peringatan yang mencegah kita untuk tidak melompat ke kolam secara sembarangan. Namun, apakah yang menyebabkan kita tidak boleh melakukan hal tersebut?

7 Hal yang Membuat Melompat ke Kolam Termasuk Berbahaya

1. Dapat Menyebabkan Cedera

Alasan pertama yang menyebabkan melompat ke kolam renang termasuk hal berbahaya yaitu karena hal ini dapat menyebabkan cedera. Sebab, jika ketinggian cukup riskan, maka tubuh kita kemungkinan besar tidak akan sanggup mendarat dengan tepat di dalam air. Karena itulah, orang yang berenang di kolam renang tidak disarankan untuk melompat jika memang tidak terbiasa.

2. Trauma Pada Tubuh

Alasan lainnya yaitu karena kegiatan ini jika dilakukan tanpa persiapan apapun kemungkinan besar akan menciptakan trauma pada tubuh. Meskipun terkadang trauma tersebut tidak dirasakan secara langsung, akan tetapi efeknya akan segera muncul jika Anda tiba di rumah dan merasakan sensasi tidak wajar pada bagian pinggang dan ginjal.

3. Perlambatan Mendadak pada Organ

Melompat ke kolam pada ketinggian tertentu akan menyebabkan perlambatan mendadak pada organ tubuh, meskipun hal ini biasanya hanya terjadi pada kalangan anak kecil atau anak muda. Sebab, organ tubuh mereka masih belum bisa menahan volume air yang cukup kencang dan tiba-tiba menghantam tubuh saat melompat ke dalam air.

4. Kulit Perih

Kulit yang tiba-tiba terasa perih dan gatal juga menjadi indikasi bahwa kegiatan melompat ke kolam menyebabkan kerugian tertentu. Meskipun kondisi ini terbilang masih cukup wajar jika Anda melakukan lompatan ke dalam kolam, akan tetapi sensasinya akan terasa cukup mengganggu sebab kulit akan terasa seperti menyengat.

5. Bisa Terbentur ke Dasar Kolam

Sebelum melakukan lompatan ke dalam kolam, lebih perhatikan terlebih dahulu mengenai seberapa tinggi kolam renang tersebut. Sebab, beberapa kolam memiliki dasar yang cukup dangkal, sehingga jika Anda melompat ke dalamnya kemungkinan kepala bisa terbentur. Hal tersebut tentunya akan membuat kepala mengalami cedera yang serius.

6. Membuat Air Masuk ke Mulut dan Hidung

Air yang ada di kolam renang terkadang menyimpan bakteri yang cukup berbahaya, sehingga jika melompat kemungkinan besar air tersebut akan masuk ke dalam mulut dan hidung. Hal itu tentunya sangat tidak aman karena jika masuk ke dalam tubuh, air yang berasal dari kolam renang bisa menyebabkan penyakit yang cukup merugikan.

7. Risiko Tenggelam

Alasan terakhir yang membuat melompat ke dalam kolam renang termasuk hal berbahaya adalah karena hal ini bisa menyebabkan diri kita tenggelam. Risiko tenggelam yang cukup tinggi itulah yang membuat pihak pengelola kolam selalu mewaspadai pengunjung yang datang.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar