Cek Merek untuk Meningkatkan Nilai Ekuitas Merek

Cek merek untuk meningkatkan nilai ekuitas merek adalah proses yang harus dilakukan oleh para pengusaha. Merek telah mengubah persepsi total dari segala sesuatu yang berhubungan dengan sebuah merek barang, baik persepsi positif maupun negatif atas merek barang produk perusahaan. Merek yang kuat dapat membangkitkan nilai merek yang dikenal sebagai ekuitas merek, yangmana asal ekuitas merek harus dinilai untuk menentukan kualitas merek barang dan cek merek telah mendapatkan banyak perhatian selama beberapa puluh tahun terakhir.

Perhatian tersebut tidak hanya terfokus untuk pengusaha tetapi juga kepada konsumen dan masyarakat, baik tingkat nasional maupun global. Hal ini disebabkan karena merek dagang mencakup berbagai macam produk dan layanan, perusahaan atau organisasi, serta kepentingan individu ataupun simbol.

Sistematisnya penilaian terhadap ekuitas merek berdampak pada keberlangsungan merek dagang di pasar. Selama periode ini, lebih dari seratus merek dagang telah hilang karena perubahan pasar, kondisi ekonomi, faktor sosial, dan perubahan perilaku konsumen. Maka dari itu, penilaian atau tinjauan ekuitas merek sangat penting, baik itu merek produk atau merek organisasi harus ada proses audit yang bertahap.

Auditor merek harus memiliki pengetahuan dalam menggunakan alat audit merek yang harus dirancang untuk memenuhi tujuan audit. Auditor dapat menggunakan berbagai teknik penelitian kualitas dan segi jumlah untuk memverifikasi ekuitas merek. Hasil tinjauan sistematis membantu eksekutif merek dagang dalam merumuskan strategi yang tepat untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mempertahankan merek dagang.

Auditor merek harus memiliki pemahaman yang baik tentang industri merek dagang. karakteristik pasar, persaingan, kondisi sosial ekonomi, motivasi, serta bagaimana perilaku pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian. Selain itu, faktor internal perusahaan seperti kebijakan, visi dan misi, kepemimpinan manajemen bagian pemasaran dan berbagai sistem dalam perusahaan meliputi sistem pembelian dan sistem informasi perusahaan.

Bagaimana relevansi merek dagang suatu produk dengan konsumen sehingga membentuk ekuitas merek dagang?

Hubungan antara merek dan masyarakat adalah diskusi yang sangat menarik. Saat ini, pemilik bisnis atau eksekutif senior perlu lebih menyadari hubungan antara merek dan masyarakat karena merek dagang sangat berkaitan dengan masyarakat dan tidak hanya berfokus pada penjualan atau pangsa pasar seperti dulu. Relevansi merek harus ditingkatkan untuk menciptakan hubungan antara merek dan masyarakat agar perusahaan memiliki informasi dan perencanaan dengan baik.

Sangat penting untuk berkomunikasi melalui berbagai sarana agar masyarakat sadar bahwa merek telah melakukan sesuatu yang berguna dan relevan bagi masyarakat. Perusahaan modern tidak dapat lagi membatasi ruang lingkup relevansi merek dengan target pelanggan mereka di bawah lingkungan tradisional. Tetapi juga harus memperluas kecocokannya dengan masyarakat di pangsa pasar.

Metode verifikasi relevansi merek dengan masyarakat seperti mendengarkan secara sosial akan membantu menentukan status merek. Setiap merek yang menemukan kelemahannya harus menentukan kebijakan perusahaa dalam menemukan cara atau sarana untuk membuatnya lebih relevan secara sosial. Sedangkan merek dagang dengan kelebihan harus dapat mempertahankan dan mengembangkan inovasi terhadap produk.

Banyak Negara lebih baik dalam memperlakukan audit dalam hal cek merek dagang, karena audit merek telah membantu menarik perhatian para eksekutif, pelanggan, investor atau mereka yang tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan dalam waktu dekat. Sebagai hasil dari perubahan yang cepat terjadi dalam lingkungan teknologi, baik dalam segi industri, pasar, ekonomi dan masyarakat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar