Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

Perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dibedakan dari beberapa segi. Monokotil merupakan tumbuhan yang mempunyai biji tunggal ataupun tidak membelah saat sedang berkecambah. Contohnya saja seperti jagung, kelapa, dan padi.

Dikotil merupakan golongan tumbuhan yang mempunyai biji ganda ataupun membelah saat sedang berkecambah. Tumbuhan tersebut antara lain seperti kakao, manga, dan kacang-kacangan.

Dengan mengetahui pengertian dari keduanya, maka Anda tentu saja telah dapat menebak perbedaan antara dikotil dan juga monokotil. Berikut ini beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Di Bawah Ini Berbagai Macam Perbedaan Tumbuhan Dikotil dan Monokotil

1. Perbedaan Akar

Dengan melihat jumlah bagian akarnya, maka Anda sudah dapat mengetahui bedanya antara monokotil serta dikotil. Akar pada tumbuhan dikotil biasanya merupakan akar serabut, sedangkan akar pada tumbuhan monokotil biasanya adalah akar tunggang. Selain dari sistem akarnya, perbedaan tersebut juga dapat dilihat dengan ada ataupun tidaknya kaliptra (tudung akar).

Akar yang terdapat di tumbuhan dikotil tidak mempunyai tudung akar atau kaliptra. Sementara itu, di tumbuhan monokotil, maka akan ada berkas kaliptra yang tampak jelas pada tiap ujung akarnya.

Editor terkait:

2. Perbedaan Bunga

Selain bisa mempercantik sebuah tumbuhan, ternyata bunga pada tumbuhan dikotil dengan bunga yang ada di tumbuhan monokotil juga terlihat berbeda. Bunga pada tumbuhan dikotil dan monokotil tentu saja juga berbeda. Perhiasan bunga milik tumbuhan monokotil seperti mahkota atau kelopak bunga dengan jumlah tiga maupun kelipatannya.

Sedangkan, perhiasan bunga di tumbuhan dikotil berjumlah dua, empat, dan lima ataupun kelipatannya. Untuk bisa mengetahui perbedaan bunga dikotil maupun monokotil, maka coba saja dengan membandingkan bunga tanaman kacang atau terong dan bunga tanaman jagung.

3. Perbedaan Daun

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil juga tampak dari daunnya. Tumbuhan monokotil umumnya memiliki daun yang bentuknya memanjang seperti sebuah pita dengan tulang daun yang sejajar. Adapun tumbuhan dikotil memiliki daun yang bentuknya melebar dan susunan tulang daun yang menyirip atau menjari.

Supaya dapat mengetahui ada cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu caranya yaitu membandingkan daun singkong dengan tanaman padi untuk melihat perbedaan daun dari kedua tumbuhan tersebut secara jelas.

4. Perbedaan Batang

Perbedaan yang selanjutnya juga bisa Anda ketahui dengan melihat batang dari tumbuhan. Batang dari tumbuhan monokotil biasanya tidak akan bercabang, melainkan lurus dan tumbuh ke atas. Selain itu, berkas pengangkut akan bisa dilihat apabila batang dipotong pun juga akan menyebar.

Adapun untuk batang pada tumbuhan dikotil biasanya akan memiliki cabang banyak dan terdapat berkas pengangkut yang tersusun di dalam 1 lingkaran. Cobalah dengan membandingkan perbedaan antara batang mangga dan batang kelapa guna mengidentifikasi perbedaan kedua batangnya.

Editor terkait:

5. Perbedaan Pada Jumlah Keping Bijinya

Jumlah dari keping bijinya saja sudah jelas bahwa diantara tumbuhan monokotil dengan tumbuhan dikotil merupakan dua jenis tumbuhan yang sangat berbeda. Untuk tumbuhan monokotil hanyalah akan mempunyai satu keping biji atau kotiledon. Sementara itu, kotiledon atau keping biji yang dimiliki oleh tumbuhan dikotil yaitu berjumlah dua.

Selain itu, Anda bisa mengetahui perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil dengan cara yang sangat mudah. Misalnya saja dengan mencoba untuk bandingkan biji kacang tanah dan biji jagung. Pasalnya, tumbuhan kacang tanah dengan biji jagung memiliki perbedaan keping biji yang terbilang mudah untuk diidentifikasi oleh siapa saja.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar