Perbedaan e-KTP dan KTP

Perbedaan e-KTP dan KTP tampaknya belum diketahui oleh semua lapisan masyarakat. Betapa tidak, meskipun sudah melakukan digitalisasi pendataan identitas, pada kenyataannya kita sering kali masih dimintai salinan berkas secara manual.

Penerapan administrasi yang demikian sebenarnya secara tidak langsung membuat masyarakat tak acuh pada realitas KTP, baik elektronik maupun konvensional. Karena memang, mengetahui perbedaannya pun, praktiknya tetap sama-sama melewati mekanisme yang panjang.

Namun demikian, barangkali cukup untuk dijadikan sebagai pengetahuan tambahan saja. Siapa tahu, informasi tentang perbedaan keduanya bisa berguna di masa yang akan datang.

Mengenal Perbedaan e-KTP dan KTP

1. Keberadaan tanda tangan Kepada Dinas Dukcapil

KTP merupakan kartu identitas paling krusial yang dimiliki oleh seseorang, di mana dokumen kecil ini menunjukan status kewarganegaraan. Selama beberapa tahun terakhir, KTP telah mengalami digitalisasi seiring berkembangnya teknologi. Meski fakta di lapangan proses administrasi tetap saja ribet, tetapi pada dasarnya memang ada perbedaan antara versi elektronik dan konvensional.

Salah satunya bisa dilihat dari keberadaan tanda tangan Kepala Dinas Dukcapil setempat. Pada KTP konvensional, dulunya masih menyertakan tanda tangan milik pejabat tersebut, sementara versi elektronik telah meniadakannya.

Dengan begitu, tampilan KTP berbentuk digital menjadi sedikit lebih ringkas karena hanya memuat tanda tangan dan nama terang pemiliknya. Walau tentu saja, perubahan tersebut belum memberikan pengaruh yang berarti, realitasnya ukuran KTP dahulu dan sekarang masih tetap sama.

Editor terkait:

2. Adanya kolom kewarganegaraan

Perbedaan e-KTP dan KTP selanjutnya bisa dilihat lewat keberadaan kolom kewarganegaraan. Jika pada versi konvensional Anda tidak akan menemukan keterangan status kewarganegaraan pemiliknya, maka lain halnya dengan versi digital yang justru menampilkan informasi tersebut.

Adanya kolom kewarganegaraan ini bisa membuat kita mengetahui riwayat genetik seseorang hanya melalui kartu identitas, meski tentunya, tidak secara mendetail. Misalnya, jika kita melihat orang bermata sipit, maka akan lebih jelas apakah dia berkewarganegaraan Jepang, Korea, atau Tionghoa asal Indonesia dengan melihat KTP yang bersangkutan.

Meski belum diketahui pasti apa fungsi status kewarganegaraan di kolom KTP, tetapi informasi ini bisa membuat Anda lebih mudah mengidentifikasi asal negara seseorang tanpa perlu bertanya-tanya jika melihat penampilannya sedikit berbeda.

3. Stempel yang dihilangkan dan munculnya hologram

Masih berkaitan dengan tanda tangan Kepala Dinas Dukcapil setempat, pada KTP konvensional dulunya ditemukan stempel. Namun, stempel tersebut sudah dihilangkan ketika bentuknya diubah menjadi digital.

Keberadaan stempel tersebut sepertinya sengaja digantikan dengan hologram. Pasalnya, di KTP konvensional terdahulu, Anda tidak akan menemukan hologram dan hanya stempel serta tanda tangan pejabat saja.

Kemudian, tanda hologram di e-KTP juga amat tampak jelas. Secara umum, penampakan KTP elektronik menjadi lebih estetis karena adanya hologram.

Editor terkait:

4. Mengenali manfaat dari adanya perbedaan

Lebih jauh, adanya e-KTP ini sebenarnya untuk menghilangkan praktik pembuatan kartu identitas ganda oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Dahulu, sebelum dilakukan digitalisasi, seseorang bisa saja memiliki dua KTP berbeda. Hal semacam ini tentu merugikan banyak pihak, serta melanggengkan tindak penipuan.

Meski dari segi penampilan tak terlalu jauh berbeda, ternyata perubahan e-KTP dari KTP konvensional memberikan pengaruh yang cukup berarti. Sekarang, tidak akan ada lagi praktik kecurangan kartu identitas ganda karena telah tercatat secara nasional dan diawasi ketat oleh pihak berwenang.

Perbedaan e-KTP dan KTP pun ditujukan untuk mencegah hal buruk lebih jauh lagi, misalnya menghindari pembayaran pajak, pembuatan paspor ilegal, serta manipulasi identitas. Meski demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa efeknya belum menyeluruh dan signifikan.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar