Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Baking powder dan baking soda dalam membuat kue agar makin mengembang dan bertekstur lembut memiliki cara masing-masing dalam melakukan tugasnya. Mengenai perbedaan baking soda dan baking powder ini memang jarang diketahui oleh banyak orang.

Hal itu cukup menimbulkan beberapa orang bingung. Padahal banyak sekali perbedaan antara kedua bank tersebut.

Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja perbedaan-perbedaan tersebut agar Anda bisa mengetahui dan membedakan antara keduanya.

5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder?

1. Kandungan

Sekalipun di sini kedua bahan tersebut mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan untuk mengembangkan kue. Namun baking powder dan baking soda mempunyai kandungan yang sangatlah berbeda di dalamnya.

Baking powder tersusun dari natrium bikarbonat yang kemudian dicampur dengan bahan asam sedangkan untuk baking soda tersusun dari natrium bikarbonat yang mengandung senyawa alkali. Itulah salah satu hal yang membedakan antara kedua bahan tersebut.

Editor terkait:

2. Cara Kerja

Baking soda memerlukan asam agar bisa bereaksi dengan lebih maksimal seperti yogurt, lemon ataupun susu. Sedangkan untuk baking powder sendiri telah dilengkapi dengan bahan asam sedari awalnya, sehingga dapat langsung digunakan tanpa harus tambahan cairan apapun.

Hal itulah yang membuat baking powder cenderung lebih praktis penggunaannya jika dibandingkan dengan baking soda karena memang tidak memerlukan tambahan bahan lain, seperti hanya pada baking soda.

3. Pengaruh

Untuk perbedaan baking soda dan baking powder selanjutnya yaitu dari segi pengaruh. Pemakaian kedua bahan tersebut harus dilakukan dengan sebuah takaran yang pas. Menggunakan baking powder yang terlalu banyak di dalam sebuah adonan kue dapat menghasilkan rasa yang pahit ketika kue tersebut telah selesai dipanggang.

Namun, hal tersebut tidak perlu Anda khawatirkan ketika Anda menggunakan baking soda karena memang sekalipun Anda menggunakan terlalu banyak baking soda pada takarannya, hal itu tidak akan mempengaruhi rasa dari adonan kue yang dibuat.

Dan menggunakan baking soda ini Anda tidak perlu khawatir takaran yang diberikan terlalu banyak karena rasa dari kue tidak akan terpengaruh apapun, tidak seperti ketika Anda salah melakukan takaran pada penggunaan baking powder.

4. Penggunaan

Baking powder akan dipakai untuk membuat kue cepat saji yang mana disini terdiri dari bahan yang relatif netral, seperti contohnya muffin, bolu dan kue-kue lainnya. Sedangkan untuk baking soda sendiri lebih disarankan untuk digunakan pada adonan yang mempunyai bahan asam di dalam komposisinya, seperti contohnya untuk jenis biskuit dan jenis roti.

Bagi Anda yang sangat hobi dalam membuat kue, maka mengetahui hal ini merupakan hal yang sangatlah perlu. Sehingga nantinya dengan begitu Anda tidak akan melakukan kesalahan dengan salah menggunakan bahan baking yang tepat.

Editor terkait:

5. Subtitle Antara Baking Powder dan Baking Soda

Bagian powder di sini sebenarnya pada dasarnya terdiri dari bahan-bahan baking soda yang kemudian juga ditambahkan dengan zat asam. Hal tersebut akan membuat Anda nantinya bisa memakai baking powder sebagai bahan pengganti untuk baking saudara dalam satu kesempatan.

Sayangnya hal tersebut tidak berlaku sebaliknya Anda tidak bisa mengganti baking soda atau baking powder. Hal itu tentu saja dikarenakan di dalam baking soda tidak terdapat bahan asam seperti halnya pada baking powder.

Dikarenakan perbedaan baking soda dan baking powder tersebutlah tentunya di sini ketika Anda ingin mensubstitusikan baking soda menjadi baking powder, maka setidaknya Anda perlu untuk membuat baking powder secara alami dengan cara mencampurkan baking soda dan juga krim tartar. Barulah setelah itu Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar