Perbedaan Badan Usaha dan Perusahaan

Terdapat perbedaan badan usaha dan perusahaan yang mungkin hingga saat ini banyak orang tidak mengetahuinya. Sebagian besar orang menganggap bahwa antara keduanya tersebut adalah sama.

Memang jika dilihat sekilas akan terlihat sama, karena keduanya sama-sama melakukan aktivitas usaha yang pada akhirnya bertujuan untuk memperoleh profit. Namun, sebenarnya di sini terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar.

Berikut ini akan diulas lebih lengkap lagi mengenai apa saja hal-hal yang membedakan antara perusahaan dengan badan usaha agar Anda tidak bingung lagi membedakan keduanya.

Apa Saja Perbedaan Badan Usaha dan Perusahaan?

1. Dari Segi Definisi

Dari segi definisi saja antara badan usaha dengan perusahaan sudah memiliki perbedaan. Badan usaha merupakan sebuah kesatuan hukum, teknik dan ekonomis yang mana di sini memiliki tujuan untuk memperoleh laba.

Sedangkan definisi dari perusahaan itu sendiri yaitu merupakan tempat terjadinya aktivitas produksi dan berkumpulnya semua faktor-faktor yang berkaitan dengan proses produksi itu sendiri. Dapat disimpulkan juga bahwa di sini badan usaha adalah sebuah lembaga, sedangkan perusahaan adalah suatu tempat dimana faktor produksi tersebut nantinya akan dikelola dan diproses.

Editor terkait:

2. Dari Segi Bentuk

Dari segi bentuk, di sini badan usaha bisa berupa firma, koperasi, PT, CV dan lain sebagainya. Hal itu tentunya sangat berbeda dengan dan perusahaan yang mana berupa instansi toko pabrik dan lain-lain.

Jadi jika suatu ketika Anda menemukan sebuah plang di pinggir jalan dengan tuliskan PT atau CV di depannya, maka sudah bisa dipastikan tempat tersebut merupakan sebuah badan usaha.

Sedangkan jika Anda menemukan sebuah tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas produksi, entah itu pembuatan barang ataupun pemberian jasa, maka tempat tersebut merupakan sebuah perusahaan.

Seperti salah satu contoh paling mudah yang bisa ditemukan yaitu toko ataupun pabrik. Perbedaan yang satu ini akan memudahkan Anda dalam membedakan antara perusahaan dengan badan usaha dengan lebih mudah lagi.

3. Dari Segi Tujuan

Untuk perbedaan badan usaha dan perusahaan berikutnya yaitu ditinjau dari segi tujuan didirikannya. Perusahaan didirikan dengan tujuan yaitu untuk melakukan proses pembuatan produk atau yang disebut juga dengan produksi.

Sedangkan tujuan didirikannya badan usaha adalah untuk memperoleh keuntungan. Dalam usahanya untuk memperoleh keuntungan yang maksimal tersebut, badan usaha ini juga memungkinkan untuk mempunyai perusahaan yang berjumlah lebih dari satu.

Sehingga dengan begitu proses produksi akan bisa berjalan secara lebih optimal lagi. Terlebih sebuah badan usaha yang masuk dalam kategori besar, maka perusahaan yang dimiliki pun akan semakin banyak.

Editor terkait:

4. Dari Segi Wujud

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat antara perusahaan dengan badan usaha agar nantinya memudahkan Anda dalam membedakan yaitu ditinjau dari segi wujud. Jika dilihat dari aspek wujudnya, maka di sini perusahaan adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terjadi aktivitas teknis yang dilakukan oleh karyawan dalam prosesnya untuk menghasilkan produk, baik itu berupa produk barang ataupun jasa.

Sedangkan badan usaha adalah sebuah tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas organisasi ekonomi. Setiap badan usaha akan selalu mempunyai sebuah perusahaan. Sedangkan perusahaan tidak harus selalu berada di bawah satu badan usaha.

5. Dari Tempat Berdirinya

Jika ditinjau dari tempat berdirinya, maka perbedaan badan usaha dan perusahaan pun juga tidaklah sama. Di sini badan usaha tempat berdirinya memang tidak harus selalu sama dengan tempat berdiri dari perusahaan itu.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar