Perbedaan AM dan PM

Dalam bahasa inggris, cara untuk menunjukkan waktu dibagi menjadi dua, yakni waktu AM dan PM. Istilah AM dan PM saling berkaitan dan mulai digunakan sejak abad ke-17. Perbedaan AM dan PM muncul karena masyarakat disana sudah terbiasa dengan jam analog yang memunculkan 12 jam.

Sehingga waktu 24 jam pun dibagi menjadi AM dan PM. Negara Indonesia sendiri menggunakan format waktu 24 jam, sehingga tidak menggunakan format waktu AM PM.

Negara Indonesia sendiri tidak menggunakan format waktu AM PM karena waktu yang digunakan adalah 24 jam.

Apa Saja Hal-Hal yang Membedakan AM dan PM? Berikut penjelasannuya

1. Pengertian AM dan PM

AM berasal dari bahasa latin yakni Ante Meridiem. Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, maknanya adalah before midday yang artinya adalah ‘sebelum tengah hari’. Sedangkan PM berasal dari bahasa latin yakni Post Meridiem. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa inggris, maknanya yakni after midday yang artinya yakni setelah jam 12 siang.

Ada beragam cara penulisan AM dan PM, yakni A.M-P.M., am-pm, AM-PM, dan a.m-p.m. Beberapa negara yang menggunakan format waktu AM dan PM akan membagi waktunya menjadi 12 jam sehingga mereka hanya mengenal angka 1-12 saja untuk penulisan waktu dan kemudian diikuti oleh am maupun pm.

AM yang mengacu pada waktu sebelum tengah hari, maka akan digunakan untuk tengah malam atau mulai pukul 00.00 hingga pukul 11.59 pada siang hari. Sementara itu PM mengacu pada waktu setelah jam 12 siang sehingga digunakan saat jam sudah menunjukkan pukul 12.00 siang hingga 11.59 atau tengah malam pukul 23.59.

Editor terkait:

2. Beberapa negara yang menggunakan format AM PM atau 12 jam

Ada beberapa negara yang menggunakan format 12 jam atau AM PM meskipun jumlahnya minoritas dibandingkan dengan jumlah negara yang menggunakan format 24 jam. Beberapa negara yang menggunakan formar AM PM antara lain Kanada (kecuali Quebec), Amerika Serikat, Filipina, Australia, dan New Zealand.

3.  Penulisan format waktu AM PM

Di Indonesia, penulisan waktu disesuaikan dengan pagi atau siang atau sore atau malam, tanpa menggunakan AM PM. Misalnya, jam 9 pagi akan ditulis 09.00, sedangkan jam 9 malam akan ditulis 21.00.

Perbedaan AM dan PM sangat terlihat jelas pada cara penulisannya. Berbeda dengan penulisan waktu di Indonesia yang menggunakan format 24 jam. Penulisan waktu di beberapa negara yang menggunakan format AM PM atau 12 jam akan membagi waktu 24 jam menjadi hanya 12 jam saja. Sehingga jam hanya dinyatakan hingga angka 12.

Penulisan waktu dengan menggunakan format 12 jam hanya dibatasi 12 jam, yakni 00.00-11.59 dan 12.00-23.59. Misalnya, jam 12 malam atau 00.00 akan ditulis 12 am dan jam 12 siang atau 12.00 akan ditulis menjadi 12 pm, dan seterusnya.

Editor terkait:

4. Menghindari kesalahan penulisan AM dan PM

Saat sedang belajar bahasa inggris, tidak sedikit yang merasa kebingungan dalam penulisan waktu akibat format 12 jam. Jika menggunakan format waktu 24 jam, maka akan sangat mudah menentukan jam siang dan jam malam.

Namun, jika menggunakan format 12 jam, yang kerap membuat bingung yakni penggunaan am pm ketika masuk tengah hari dan tengah malam. Agar memahami perbedaan AM dan PM dengan mudah, maka penggunaan AM harus diasosiasikan dengan kata ‘after midnight’.


Temukan lebih banyak konten terkait dengan Pengetahuan Umum atau konten menarik lain di PPPA

Tinggalkan komentar