Mengapa Soeharto Diberi Gelar Bapak Pembangunan

Masyarakat Indonesia pasti tidak asing dengan Bapak Soeharto. Beliau merupakan presiden Indonesia yang kedua dimana masa jabatannya adalah dari tahun 1967-1998.

Fokus utama Presiden Soeharto semasa menjabat adalah dalam hal pembangunan. Masa jabatan beliau memiliki sebutan ‘Masa Orde Baru’. Di masa tersebut beliau banyak melakukan pembangunan di berbagai bidang di Indonesia.

Alasan Presiden Soeharto diberi Gelar Bapak Pembangunan

1. Pembangunan di berbagai bidang semasa menjabat

Selama menjabat dalam kurun waktu 32 tahun, Soeharto berfokus pada pembangunan di berbagai bidang. Bahkan, Repelita atau Rencana Pembangunan Lima Tahun dibentuk oleh beliau dan berlaku sejak tanggal 1 April 1969-1994. Repelita tersebut dibentuk atas dasar tujuan tertentu terkait pembangunan.

2. Memiliki tujuan dalam Repelita

Adapun tujuannya adalah supaya kebutuhan dasar serta infrastruktur terpenuhi dengan penekanan yang ada kaitannya dengan bidang pertanian. Dengan adanya Repelita tersebut, pembangunan di berbagai bidang seperti pembangunan embung, waduk, industri strategis kelas nasional, jalan nasional, puskesmas, sekolah dan lain-lain bisa lebih tertata.

3. Mampu memperbaiki kondisi personal dan struktural di jaman orde lama

Jaman orde lama yang dipimpin oleh Presiden Soekarno dinilai memiliki beberapa kelemahan terkait kondisi personal dan struktural. Salah satunya adalah kondisi ekonomi terkait pemenuhan bahan makanan pokok untuk kehidupan masyarakat sehari-hari. Di jaman orde lama, nasib masyarakat tampak sengsara namun Soeharto bisa memperbaikinya di orde baru.

4. Mengubah nasib masyarakat

Nasib masyarakat yang hidup di jaman orde lama semakin terasa sengsara lagi karena hidup di masa peperangan. Ketakutan demi ketakutan dirasakan oleh masyarakat di jaman orde lama karena penjajah. Oleh karena itu, kehidupan di jaman orde baru di bawah pimpinan Soeharto bisa diperbaiki sehingga kehidupan masyarakat lebih baik terutama di bidang pembangunan.

5. Dikukuhkan oleh MPR

Lencana yang memiliki bentuk bulat diedarkan para pemuda sejak bulan Oktober 1982 dengan gambar Soeharto menggunakan latar belakang warna bendera Indonesia dan terdapat tulisan berbunyi ‘Soeharto Bapak Pembangunan Indonesia’ di pinggirnya. Karena hal tersebut, MPR mengukuhkan Soeharto melalui TAP MPR RI Nomor V/MPR/1983 dengan gelar yang tertulis.

6. Mendapatkan penghargaan yang terwujud dalam bentuk uang

Penghargaan kepada Soeharto yang telah berhasil dalam melaksanakan berbagai pembangunan diwujudkan dalam bentuk uang pecahan Rp 50ribu. Di uang tersebut tampak gambar Soeharto dengan beberapa hasil pembangunannya dimana di bawahnya ada tulisan ‘Bapak Pembangunan Indonesia’.

7. Mempunyai kekuasaan absolut dalam masa kepemimpinannya

Selama menjabat sebagai presiden, setiap lini dalam kehidupan masyarakat dikontrol oleh kekuasaan Soeharto. Dukungan masyarakat membuat pembangunan di berbagai bidang yang dilakukan oleh Soeharto dalam meraih keberhasilan. Kemajuan di bidang pembangunan bisa membantu masyarakat agar semakin mudah dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar