Mengapa Simpanse Diakui Sebagai Binatang Primata Tercerdas di Dunia

Tuhan menciptakan beragam jenis hewan dengan karakter dan bentuk tubuh masing-masing mulai dari hewan bersayap dan tidak bersayap, hewan berkaki dua serta hewan berkaki empat.

Beberapa di antaranya termasuk dalam kategori hewan yang memiliki kecerdasan intelektual sehingga mereka bisa membantu manusia untuk menjalankan aktivitas tertentu, salah satunya adalah simpanse.

Bukti Bahwa Simpanse adalah Hewan Paling Cerdas di Dunia

1. Mempunyai DNA yang hampir sama dengan manusia

Hewan primata ini dikenal sebagai hewan paling cerdas karena menurut penelitian, simpanse mempunyai DNA 98 persen sehingga kecerdasannya hampir sama dengan manusia. Hal ini bisa diketahui dari pola kehidupan manusia pada jaman purba dimana tingkah laku beragam jenis primata termasuk primata besar sangat mirip dengan tingkah laku pada manusia.

2. Kecerdasan simpanse terlihat dari tingkah laku

Di antara beragam jenis primata tersebut, simpanse lah yang terbukti mempunyai kecerdasan paling tinggi di antara jenis primata lainnya. Kecerdasan simpanse bisa dilihat dari tingkah lakunya dimana mereka menggunakan beberapa alat sederhana semisal ranting yang digunakannya supaya semut-semut terpancing untuk keluar dari sarangnya.

3. Mempunyai sifat yang mirip dengan manusia

Manusia dikenal sebagai mahkluk hidup yang saling tenggang rasa antar sesama karena memiliki sifat peduli atau simpati, empati, dan hal-hal lainnya yang bersifat tolong menolong. Sama seperti manusia, simpanse juga memiliki sifat yang mirip. Mereka mempunyai rasa kesadaran diri, altruisme, dan empati terhadap sesamanya.

4. Mempunyai kemampuan yang setara dengan kapasitas otak anak manusia

Bukti lainnya adalah simpanse mempunyai kemampuan yang dapat dikatakan setara dengan kapasitas otak anak manusia yang berumur lima tahun. Mereka mempunyai kemampuan berpikir yang sama seperti manusia dalam hal pemecahan pertanyaan terkait matematika yang sederhana.

5. Mudah dilatih dalam melakukan berbagai aktivitas

Simpanse termasuk salah satu hewan primata yang mudah dilatih melakukan berbagai aktivitas. Bahkan, simpanse bisa mengikuti pelatihan dalam permainan batu gunting dan kertas dengan manusia. Walaupun logika pemikiran simpanse tidak secepat manusia, namun kecerdasan simpanse bisa membuatnya lebih mudah dilatih dibandingkan hewan lainnya.

6. Simpanse bisa memahami berbagai simbol dan bahasa isyarat

Selain mudah dilatih, simpanse juga mempunyai kemampuan dalam memahami berbagai simbol maupun bahasa isyarat. Pemahaman terhadap angka dan gambar juga bisa dilakukan oleh simpanse. Sehingga tidak heran jika sejak jaman dahulu simpanse kerap dijadikan sebagai objek penelitian karena kecerdasan yang dimilikinya.

7. Berbeda dengan monyet

Simpanse merupakan hewan primata yang mempunyai kecerdasan intelektual hampir mirip seperti manusia. Berbeda dengan monyet yang mayoritas mengganggu manusia, simpanse tidak melakukan hal yang demikian. Perilaku simpanse bisa dipengaruhi oleh perilaku manusia terhadap mereka.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar