Mengapa Sholat Disebut Tiang Agama

Hadits mengenai shalat adalah tiang agama dapat menjadi pengingat bagi semua umat Islam supaya selalu menjalankan ibadah shalat lima waktu dalam keadaan apapun itu. Allah SWT telah memerintahkan umat Islam untuk menjalankan shalat fardhu ini di dalam Al-Qur’an yang akan menghubungkan seorang muslim dengan Allah SWT.

Alasan Sholat Disebut Sebagai Tiang Agama

1. Sholat Dibangun Oleh Rukun Islam

Shalat disebut sebagai tiang agama dikarenakan agama Islam sendiri dibangun oleh rukun Islam, yang mana diibaratkan menjadi tiang atau penopang berdirinya agama. Shalat tergolong ke dalam rukun Islam, sehingga agama ini dibangun dengan 5 penopang atau tiang, yaitu rukun Islam.

2. Sholat Mengokohkan Agama

Diibaratkan sebuah kubah atau rumah, jika tiang penopang kubah atau rumah tersebut roboh, maka tentu saja akan roboh pula semua bangunan besarnya. Jadi, jika umat Islam tidak mendirikan ibadah shalat dengan baik dan benar, Anda sudah merobohkan agama.

3. Sholat Merupakan Ibadah Wajib

Shalat adalah ibadah wajib yang pastinya harus dilakukan dalam lima waktu shalat. Shalat itu merupakan tiang dari agama Islam, maka seseorang yang mendirikan shalat maka sungguh dirinya sudah mendirikan agama.

Sedangkan, seseorang yang meninggalkan shalat, maka sungguh dirinya sudah merobohkan agama. Sebagai tujuan dari pencintaan manusia yakni beribadah, maka umat Islam wajib menguatkan dan menjaga bangunannya dengan mendirikan shalat.

4. Sholat Menjadi Ibadah yang Paling Utama

Rasulullah SWT menyebutkan kalau ibadah yang paling utama akan diperiksa di akhirat nantinya bagi setiap hamba adalah ibadah shalat. Shalat menentukan sekali nasib dari setiap hamba di dalam kehidupan berikutnya. Apabila shalatnya buruk atau bahkan tiada, pasti tiada berguna pula segala ibadahnya yang lain, walaupun dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Sehingga, seorang hamba wajib mengokohkan tiang agamanya dengan membangun dan memperbaiki ibada shalat. Bukan hanya sekadar mengerjakannya, namun memastikan seluruh syarat lainnya dilakukan dengan baik.

5. Sholat Adalah Pembeda Antara Muslim dan Kafir

Ada sebuah hadits yang menjelaskan bahwa shalat merupakan pembeda diantara seorang muslim dengan seorang yang kafir. Oleh karena itu, tidak heran apabila seseorang yang meninggalkan shalat disebut dengan kafir.

6. Sholat Mempunyai Banyak Keutamaan

Shalat merupakan ibadah wajib yang mempunyai banyak keutamaan yang mana salah satunya yaitu mencegah perilaku keji dan mungkar. Sehingga,agama akan memiliki penopang atau tiang yang kuat dengan umat yang selalu berperilaku baik. Apalagi, keutamaan dari shalat ini lebih besar dibandingkan dengan keutamaan ibadah yang lain.

7. Sholat Untuk Mengingat Allah SWT

Dengan melakukan ibadah shalat, maka seorang umat akan senantiasa ingat kepada Allah SWT. Sesungguhnya mengingat Allah SWT dengan melakukan ibadah shalat merupakan sesuatu yang utama.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar