Mengapa Sel Hewan Tidak Memiliki Dinding Sel

tanpa dinding sel. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan termasuk pergerakan hewan yang aktif. Makhluk hidup ini harus berpindah tempat untuk menjaga kelestarian dan tidak membutuhkan dinding sel karena bisa menghambat pergerakan hewan.

Alasan Mengapa Sel Hewan Tidak Memiliki Dinding Sel

1. Bentuk Sel

Pada umumnya makhluk hidup memiliki sel yang berguna untuk menunjang kehidupan. Akan tetapi tidak semua makhluk hidup mempunyai dinding sel termasuk hewan. Sel pada tumbuhan bentuknya tetap, tetapi sel hewan tidak tetap. Hal tersebut menjadi salah satu alasan hewan yang tidak memiliki dinding sel.

Tak hanya itu saja, sel tumbuhan mempunyai bentuk yang lebih keras. Sedangkan sel hewan tidak begitu keras karena ada yang lunak. Bentuk yang berbeda-beda ini memang menjadi ciri khas yang mudah diketahui.

2. Sentriol

Sentriol memiliki fungsi untuk mengatur pembelahan sel yang ada pada makhluk hidup. Namun pembelahan ini hanya terjadi pada hewan saja dan tidak berlaku untuk tumbuhan. Hal ini membuat hewan tidak mempunyai dinding sel karena sudah dilengkapi dengan sentriol. Akan tetapi sel hewan masih bisa berfungsi dengan baik untuk mengatur pergerakan tubuh.

3. Ukuran

Sel tumbuhan mempunyai ukuran yang lebih besar daripada sel hewan. Hal tersebut dipengaruhi oleh vakuola dan dinding sel yang melekat pada tumbuhan. Namun sel hewan yang kecil masih bisa digunakan untuk beraktivitas. Sehingga hewan tidak sulit dalam beradaptasi dengan sel yang kecil tersebut.

4. Zat Penyusun

Hewan termasuk makhluk hidup yang tidak memiliki jenis sel kompleks. Berbeda dengan tumbuhan yang mempunyai beberapa jenis sel yang lengkap. Perbedaan ini membuat hewan tidak memiliki dinding sel yang melekat pada tubuh.

5. Fungsi

Tumbuhan memang dilengkapi dengan dinding sel karena makhluk hidup ini tidak bergerak bebas. Sedangkan hewan harus menyesuaikan habitat dan membutuhkan pergerakan yang aktif. Jika hewan dilengkapi dengan dinding sel maka akan sulit untuk bergerak.

6. Cara Bertahan Hidup

Dinding sel yang keras dan kuat membuat tumbuhan mampu bertahan hidup di atas akar. Akan tetapi hal ini tidak berlaku pada hewan yang memiliki cara bertahan hidup berbeda-beda. Apalagi hewan juga harus berpindah tempat saat merasa terancam. Sehingga hewan hanya mempunyai sel saja tanpa dinding sel.

7. Lisosom

Hewan memiliki lisosom yang berguna untuk membantu proses pencernaan. Lisosom ini akan memecah zat makanan dan diubah menjadi nutrisi yang dibutuhkan hewan. Hal itu membuat hewan tidak mempunyai dinding sel karena sudah dibantu dengan lisosom yang melekat.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar