Mengapa Saat Mengajukan Pertanyaan Harus Menggunakan Bahasa yang Sopan

Pasti ada beberapa orang diluar sana yang bertanya kenapa saat seseorang mengajukan pertanyaan kepada orang lain harus menggunakan bahasa yang sopan, hal seperti itu sering sekali ditemui saat sedang melakukan diskusi atau saat rapat.

Pada kesempatan kali kita akan membahas beberapa hal yang menyebabkan seseorang harus menggunakan bahasa yang sopan ketika mengajukan pertanyaan kepada lawan bicara saat melakukan rapat atau sidang.

Alasan Kenapa Harus Sopan Ketika Mengajukan Pertanyaan Saat Rapat Atau Sidang

1. Agar Mudah Dipahami

Di dalam ruangan rapat atau sidang ada kemungkinan satu peserta dengan peserta lainnya berasal dari daerah yang berbeda. Hal ini membuat bahasa yang digunakan sehari-hari juga berbeda, oleh karena itu dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan sopan bisa membuat siapa saja memahami apa yang anda sampaikan.

2. Untuk Menghargai Lawan Bicara

Saat sedang melakukan rapat atau sidang semua orang yang ada di dalamnya harus saling menghargai apa yang disampaikan. Ketika ada yang bertanya maka dia jelas membutuhkan jawaban, oleh karena itu orang yang bertanya harus menggunakan bahasa yang sopan agar lawan bicaranya mau menjawab apa yang ditanyakan tersebut.

3. Membuat Lawan Bicara Merasa Nyaman

Selain untuk menghargai lawan bicara, dengan menggunakan bahasa yang sopan saat bertanya dapat membuat lawan bicara anda merasa nyaman dan mau menjelaskan apa yang anda tanyakan dengan baik. Jika anda menggunakan bahasa yang agak kasar bisa dipastikan lawan bicara anda juga akan menekan anda dengan bahasa yang kasar juga.

4. Agar Lawan Bicara Mau Menjawab Apa yang Dipertanyakan

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa dengan menggunakan bahasa yang sopan dapat membuat lawan bicara anda mau menjawab apa yang anda pertanyakan. Hal tersebut memang benar apa adanya, karena jika ada kalimat yang kurang bagus maka lawan bicara anda akan tersinggung dan bisa membuat pertanyaan anda tidak akan dijawab.

5. Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Peserta Lainnya

Penggunaan bahasa yang kasar ketika bertanya saat rapat atau sidang bisa menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan seperti saling mengejek hingga terjadinya perkelahian. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan peserta lain saat sidang maka semua peserta rapat atau sidang wajib menggunakan bahasa yang sopan saat berkomunikasi.

6. Menghindari Permusuhan Setelah Selesai Rapat atau Sidang

Karena salah memilih bahasa bisa membuat beberapa orang bisa saling membenci dan berujung terjadinya permusuhan setelah selesai melakukan rapat atau sidang. Maka dari itu, pastikan anda selalu menggunakan bahasa yang sopan selama proses rapat atau sidang berlangsung.

7. Tidak Diusir Keluar Ruangan

Alasan terakhir kenapa seseorang harus menggunakan bahasa yang sopan saat rapat atau sidang adalah agar orang tersebut tidak diusir keluar ruangan. Hal ini bisa terjadi jika ada orang yang merasa tersinggung karena kalimat yang keluar dari mulut anda saat bertanya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar