Mengapa Pasar Sangat Bau

Pasar menjadi tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Namun jika lingkungan pasar tidak dibersihkan secara rutin dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Hal itu tentu membuat pembeli tidak nyaman saat belanja di pasar. Maka dari itu sebaiknya pedagang selalu menjaga kebersihan tempatnya.

Alasan Mengapa Pasar Sangat Bau

1. Banyak Sampah

Beberapa penjual di pasar tradisional tampak kurang memperhatikan sampah yang ada di sekitarnya. Sampah dari sisa penjualan tidak dibuang pada tempatnya sehingga menimbulkan bau yang menyengat. Biasanya sampah ini ada yang kering dan basah yang bisa membuat udara menjadi tercemar.

Jika sampah selalu dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan banjir ketika sedang musim hujan. Hal itu tentu membuat area pasar terlihat semakin kumuh atau kotor. Pembeli pun menjadi tidak nyaman saat belanja di pasar tradisional. Jadi penjual sebaiknya tidak membuang sampah sembarangan.

2. Kebersihan Kurang Terjaga

Kebersihan area pasar yang kurang terjaga dapat menimbulkan bau tidak enak. Apalagi di dalam pasar ada banyak penjual yang menawarkan aneka macam bahan makanan. Pedagang tersebut sebaiknya memperhatikan kebersihan di sekitar dengan menyapu atau membersihkan kios yang kotor.

3. Bahan Makanan yang Membusuk

Pedagang yang menjual sayur, ikan, atau bahan mentah lainnya kemungkinan bisa busuk jika tidak laku terjual dalam beberapa hari. Bahan yang busuk ini diketahui dapat menimbulkan bau menyengat. Sehingga penjual harus selalu memperhatikan produk yang dijual dan membuang bahan yang sudah busuk.

4. Genangan Air

Tumpukan sampah yang ada di pasar bisa menyebabkan genangan air pada saat hujan. Hal itu disebabkan karena resapan air menjadi terhambat oleh sampah. Jika genangan air tidak segera dibersihkan maka dapat menimbulkan bau tidak enak. Maka dari itu sebaiknya penjual membersihkan sampah di sekitar agar tidak menimbulkan genangan air.

5. Tempatnya Kotor

Kawasan pasar yang tidak pernah dibersihkan secara berkala bisa membuat lingkungannya menjadi kotor. Tak hanya itu, tempat yang kotor juga tidak enak dipandang serta bisa menimbulkan bau. Pembeli pun merasa tidak nyaman dan memilih untuk belanja ke supermarket. Maka dari itu tempat berjualan harus selalu dijaga kebersihannya.

6. Cara Berjualan

Beberapa pedagang biasanya ada yang tidak berjualan pada kiosnya masing-masing. Terdapat penjual yang menawarkan produknya secara berkeliling agar cepat laku. Namun, hal ini bisa membuat barang dagangan jatuh atau tercecer yang bisa menimbulkan sampah dan bau.

7. Produk yang Dijual

Pasar tradisional menyediakan bahan makanan matang dan mentah yang dijual oleh pedagang. Bahan mentah seperti ayam dan ikan bisa menimbulkan bau meskipun tidak busuk. Apalagi bahan yang dijual tersebut diletakkan pada meja pedagang yang tidak dilengkapi dengan wadah seperti di supermarket.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar