Mengapa Orangutan Dikatakan Sebagai Hewan Omnivora

Orangutan adalah salah satu hewan omnivora yakni pemakan segala. Sama halnya dengan manusia yang juga merupakan organisme omnivora yang dapat beradaptasi dengan semua jenis kondisi lingkungan.

Omnivora sendiri termasuk ke dalam penggolongan hewan yang berdasarkan dari jenis makanannya. Terdapat beberapa alasan mengapa orangutan tergolong sebagai hewan omnivora.

Alasan Mengapa Orangutan Termasuk ke Dalam Hewan Omnivora

1. Pemakan Daging dan Tumbuhan

Jika karnivora adalah pemakan daging dan herbivora adalah pemakan tumbuhan, maka omnivora adalah gabungan dari keduanya. Orangutan sendiri merupakan hewan yang memakan daging dan juga tumbuhan, sehingga tidak heran apabila masuk ke dalam golongan hewan omnivora.

2. Memiliki Gigi Tajam di Bagian Depan

Tidak seperti hewan karnivora yang mempunyai gigi yang diciptakan khusus untuk memakan daging dan hewan herbivora yang memiliki gigi khusus guna memakan tumbuhan. Sebagai hewan omnivora, orang utan ini mempunyai gigi depan yang fungsinya untuk mengunyah atau mengoyak makanan yang berupa daging.

3. Memiliki Gigi Datar di Bagian Belakang

Selain memiliki gigi pada bagian depan yang tajam, orangutan juga memiliki gigi pada bagian belakang yang datang. Gigi belakang yang datar ini memiliki fungsi untuk menghaluskan setiap makanan yang masuk ke mulutnya, baik itu daging maupun tumbuhan.

4. Memiliki Sistem Pencernaan yang Kompleks

Hewan omnivora seperti orangutan ini mempunyai sistem pencernaan yang kompleks atau sempurna. Panjang usus kecil orangutan 4-6 kali dari panjang tubuhnya. Sedangkan, untuk sistem pencernaan hewan herbivora hanya khusus dikarenakan hanya bergantung dengan materi tanaman. Sedangkan, hewan karnivora mempunyai sistem pencernaan yang lebih pendek.

5. Mudah Beradaptasi Dengan Lingkungan

Orangutan merupakan salah satu hewan yang dikatakan sebagai omnivora karena mudah beradaptasi dengan kondisi suatu lingkungan, kecuali lingkungannya memang rusak. Sehingga, hewan yang satu ini tidak akan ada masalah yang cukup besar apabila hidup di alam bebas maupun di kandang.

6. Hewan Mamalia

Sebagian besar hewan yang tergolong sebagai omnivora merupakan hewan menyusui atau mamalia. Sama halnya dengan orangutan sendiri yang termasuk ke dalam mamalia yang beranak dan menyusui. Akan tetapi, perlu dicamkan bahwa tidak semua hewan omnivora adalah mamalia. Ada juga hewan lainnya yang bertelur atau bukan mamalia, namun termasuk ke dalam omnivora ini.

7. Mempunyai DNA yang Mirip dengan Manusia

Fakta menarik tentang orangutan adalah mereka mempunyai DNA yang 94.4 persen mirip dengan manusia. Orang utan juga dikatakan sebagai hewan yang dapat menggunakan alat bantu, seperti daun pisang untuk berteduh dan tongkat untuk mengambil makanan. Nah, dikarenakan DNA dari orangutan dan manusia mirip, maka sangat wajar apabila orangutan masuk ke dalam golongan omnivora seperti manusia karena sama-sama pemakan segala.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar