Mengapa Negara Kita Membutuhkan Dasar Negara dan Pandangan Hidup

Dasar negara dan pandangan hidup Negara Indonesia adalah pancasila. Dalam menjalankan sistem ketatanegaraan di berbagai aspek negara membutuhkan yang namanya pedoman.

Karena itu kedudukan pancasila ini sebagai ideologi nasional, tujuan negara dan juga cita-cita negara. Mengapa negara kita Indonesia membutuhkan dasar dan pandangan hidup?

Alasan Pentingnya Dasar Negara dan Pandangan Hidup

1. Pancasila menjadi karya bersama bangsa Indonesia

Di dalam buku karya Gianto di tahun 2019 yang berjudul Pendidikan Filsafat Pancasila dan Kewarganegaraan ditulis bahwa pancasila yang menjadi dasar dan pandangan hidup negara merupakan karya bersama bangsa Indonesia. Dalam hal ini bermakna bahwa pancasila itu bukanlah milik suatu golongan atau partai tertentu saja melainkan milik semua warga masyarakat Indonesia.

2. Bersumber dari kearifan lokal

Pentingnya dasar negara dan pandangan hidup untuk bangsa supaya generasi selanjutnya bisa mengetahui nilai-nilai lokal yang sudah ada dan hidup di tengah-tengah masyarakat sejak jaman dahulu. Pola nilai di tengah-tengah masyarakat yang beraneka ragam itu menjadi pacaran dari falsafah pancasila. Meskipun beragam namun dengan pancasila kehidupan menjadi harmonis.

3. Negara yang merdeka dan berdaulat

Alasan mengapa negara kita Indonesia membutuhkan adanya dasar negara dan pandangan hidup supaya negara kita tetap merdeka dan berdaulat menjadi satu. Jika tidak ada dasar negara akan banyak pemberontakan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat yang menginginkan pembebasan diri dari Negara Indonesia.

4. Mengatur penyelenggaraan aparatur negara demi tujuan nasional

Perlunya dasar negara dan pandangan hidup untuk mengatur penyelenggara aparatur negara supaya berwibawa guna mencapai tujuan nasional yang termuat dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 alenia ke 4. Tujuan negara yaitu tujuan nasional dan internasional. Tujuan nasional yaitu melindungi segenap Bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

5. Dasar, arah dan tujuan

Pentingnya dasar negara dan pandangan hidup untuk mengetahui arah kemajuan bangsa. Mau dibawa kemana Bangsa Indonesia kedepan. Dengan adanya dasar dan arah serta tujuan bersama masyarakat tidak akan kebingungan dan berpegang pada prinsip yang sudah ada. Salah satu tujuan negara sebagai perannya di kancah internasional yaitu ketegasan Negara Indonesia untuk menjaga perdamaian dunia dengan tidak berpihak pada blok kanan maupun blok kiri.

6. Nilai nilai pancasila sebagai pandangan hidup

Nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila dan menjadi dasar dan pandangan hidup Bangsa Indonesia yaitu nilai ketuhanan atau keagamaan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai demokrasi atau kerakyatan dan nilai keadilan sosial. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari kita harus mematuhi nilai yang terkandung didalam pancasila sebagai pedoman bangsa.

7. Menjaga persatuan bangsa

Adanya dasar dan pandangan hidup merupakan wujud dari upaya untuk menjaga persatuan bangsa. Semua orang dalam menjalankan kehidupan sehari-hari akan berperilaku sesuai dengan pancasila sehingga tidak ada perselisihan antara sesama. Jika tidak ada dasar dan pandangan hidup negara akan mudah terkena konflik baik dalam negeri maupun luar negeri.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar