Mengapa Mollusca Termasuk Hewan Triploblastik

Mollusca termasuk hewan triploblastik yang mempunyai 3 lapisan di dalam tubuhnya. Hewan ini juga mempunyai beberapa sel penyusun tubuh yang sedikit berbeda dengan hewan lain. Hal itu menjadi ciri khusus yang membuat mollusca tergolong triploblastik.

Alasan Mengapa Mollusca Termasuk Hewan Triploblastik

1. Memiliki 3 Lapisan

Mollusca diketahui memiliki 3 lapisan tubuh yaitu ektoderm, mesoderm, serta endoderm. Lapisan tersebut terletak di bagian luar, tengah, dan dalam dengan fungsi tersendiri. Lapisan itulah yang berbeda dengan hewan lain karena begitu kompleks. Selain itu lapisan yang berada di dalam tubuh mollusca berguna untuk membantunya beradaptasi terhadap habitatnya.

Lapisan tersebut membuat mollusca dapat bertahan hidup karena bisa mencerna makanan dengan baik. Bentuk lapisannya pun menyerupai tubuh mollusca dan pipih. Hal ini menjadi keunikan sendiri karena tidak semua hewan memiliki 3 lapisan tubuh.

2. Rongga Tubuh

Beberapa hewan yang termasuk triploblastik ada yang memiliki rongga tubuh cukup kompleks. Hewan yang berongga itu masih dibagi lagi menjadi 3 jenis yaitu selomata, aselomata, dan pseudoselomata. Rongga tubuh ini berfungsi untuk memisahkan pencernaan dengan dinding tubuh bagian luar. Namun, beberapa hewan triploblastik ada pula yang tidak mempunyai rongga tubuh.

3. Pengelompokan Sel

Mollusca memiliki pengelompokan sel tubuh yang begitu kompleks. Saat hewan tersebut berkembang menjadi bulat akan terjadi pengelompokan sel yang disebut blastula. Kemudian sel tersebut berdiferensiasi dan berubah menjadi organ tubuh. Sel itulah yang membuat bagian tubuh mollusca bisa beradaptasi dengan baik, jadi pengelompokannya sangat diperlukan oleh triploblastik.

4. Adanya Mesoderm

Mesoderm hanya dimiliki oleh hewan triploblastik saja termasuk mollusca. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi otot dan organ lainnya yang berada di luar tubuh. Selain itu mesoderm akan berubah menjadi alat reproduksi, alat ekskresi, serta alat peredaran yang membantu untuk beradaptasi. Sehingga mesoderm menjadi salah satu tanda mollusca yang tergolong triploblastik.

5. Evolusi

Hewan triploblastik diketahui berasal dari evolusi hewan diploblastik. Evolusi ini terjadi sekitar 580 sampai 65.000 tahun yang lalu. Kemudian hewan triploblastik berkembang dengan adanya lapisan di dalam tubuhnya. Sehingga triploblastik dan diploblastik memiliki beberapa persamaan karena proses evolusi tersebut.

6. Tubuh Lunak

Mollusca termasuk hewan triploblastik yang tubuhnya lunak meskipun dilengkapi dengan cangkang. Tubuh yang lunak ini menjadi ciri khas triploblastik yang mudah untuk diketahui. Meskipun dibungkus cangkang yang keras, namun tubuh hewan ini tetap lunak dan pipih.

7. Ukuran Tubuh

Triploblastik memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda tergantung habitatnya. Hewan yang ada di perairan diketahui mempunyai badan yang lebih besar daripada cacing yang ada di darat. Akan tetapi ukuran ini tidak mempengaruhi lapisan yang ada di tubuhnya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar