Mengapa Laron Suka Cahaya

Laron serangga yang masuk dalam siklus hidup rayap. Posisinya berada di kasta reproduksi yaitu kasta pada koloni rayap selain pekerja dan prajurit. Tugas utama dari laron adalah untuk berkembang biak dan menghasilkan koloni-koloni rayap baru. Perkembangan sayap pada laron ini akan muncul setelah mereka mencapai usia dewasa.

Biasanya kita akan menemukan laron-laron ketika mendekati musim hujan dimana laron akan terbang mengitari lampu. Mengapa laron suka terbang mengitari lampu atau cahaya?

Alasan Laron Suka Cahaya

1. Cahaya sebagai navigasi

Serangga fototaktik positif seperti ngengat dan laron menggunakan cahaya bulan sebagai sarana navigasi mereka. Ketika melihat cahaya lampu serangga akan kebingungan dan menganggap bahwa lampu adalah alat navigasinya.

2. Mencari tempat yang hangat

Laron akan muncul ketika musim penghujan datang untuk memasuki fase kawin. Mereka akan mencari tempat yang hangat untuk berkumpul dan mencari pasangannya.

3. Cahaya membantu melepaskan sayap laron

Cahaya yang memberikan efek hangat pada tubuh laron berguna untuk membantu melepaskan sayapnya. Ketika sayap laron terlepas dari tubuhnya itu menjadi tanda bahwa laron siap memasuki fase kawin. Tujuan laron terbang mengitari cahaya adalah untuk melepaskan sayap ini.

4. Ratu rayap memproduksi laron lebih banyak

Rayap yang masuk dalam kasta reproduksi umumnya lebih banyak dibandingkan rayap yang masuk kasta pekerja dan prajurit. Hal ini membuat ketika laron datang mereka akan bergerombol dalam jumlah yang banyak. Ketika sudah memasuki umur yang cukup untuk kawin mereka akan keluar sarang guna melepaskan sayapnya dan mencari pasangan untuk kemudian membuat koloni rayap baru.

5. Rayap kasta reproduksi bisa melihat jika ada lampu atau cahaya

Rayap adalah serangga yang tidak bisa melihat dan mendengar namun hal ini tidak berlaku bagi spesies rayap kasta reproduksi karena mereka bisa melihat dengan bantuan cahaya lampu. Penglihatan mereka ini yang bisa membuat mereka mencari pasangannya.

6. Selain kasta reproduksi rayap serangga mandul

Kasta pekerja dan prajurit dalam pengelompokan laron merupakan rayap mandul, mereka memiliki alat kelamin dan reproduksi namun tidak bisa menghasilkan keturunan. Itu kenapa keberlangsungan koloni rayap bergantung pada kesuksesan perkawinan laron.

7. Mematikan lampu jadi faktor kegagalan laron

Meskipun memiliki tugas utama untuk berkembang biak atau kawin namun tidak semua laron dewasa memiliki nasib yang baik bisa mendapatkan pasangannya. Hanya sedikit dari laron yang selamat. Kegagalan itu disebabkan oleh adanya predator alami laron seperti burung, cicak, tokek, dan lainnya. Serta ada sangkut pautnya dengan ulah manusia yang merasa terganggu dengan adanya laron seperti menggunakan obat pembasmi serangga, mematikan lampu hingga laron kebingungan, dan lainnya.

8. Siklus hidup yang pendek

Ketika sudah dewasa dan memasuki masa kawin. Laron hanya punya dua pilihan yaitu menemukan pasangannya dan membentuk koloni baru atau mati. Karena setelah fajar datang apabila laron tidak bisa bertemu dengan pasangannya ia akan mati.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar