Mengapa Kucing Termasuk Hewan Mamalia

Mamalia merupakan jenis hewan yang memiliki beberapa ciri khas seperti memiliki kelenjar susu, berdarah panas, memiliki bulu atau rambut, memiliki rahang bawah bertulang tunggal serta beberapa ciri khas lainnya.

Dimana salah satu contoh hewan mamalia yang sering anda jumpai adalah kucing. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa alasan yang membuat kucing bisa digolongkan ke dalam kategori hewan mamalia.

7 Alasan yang Membuat Kucing Masuk Kategori Hewan Mamalia

1. Memiliki Kelenjar Susu

Alasan pertama kenapa kucing disebut sebagai hewan mamalia dikarenakan kucing memiliki kelenjar susu. Fungsi dari kelenjar susu itu sendiri adalah untuk menyusui, dimana salah satu ciri khas dari hewan mamalia adalah memiliki kelenjar susu dan menyusui.

2. Memiliki Rahang Bawah Bertulang Tunggal

Salah satu ciri khas dari hewan mamalia adalah memiliki rahang bawah bertulang tunggal. Tulang rahang bawah mamalia umumnya terdiri dari 1 bagian yang langsung menempel pada bagian tengkorak, tulang tersebut dinamai dentary. Dengan adanya dentary ini membuat hewan mamalia umumnya memiliki gigitan yang kuat, seperti yang kita ketahui bahwa kucing juga memiliki dentary.

3. Memiliki Rambut atau Bulu

Kucing jelas memiliki rambut atau bulu yang berada di sekujur tubuhnya, rambut atau bulu ini berfungsi sebagai penghangat bagi kucing ketika memasuki musim dingin. Salah satu ciri khas dari hewan mamalia adalah memiliki rambut atau bulu pada beberapa bagian tubuh, oleh sebab itu maka kucing juga akan masuk kedalam kategori hewan mamalia karena memiliki rambut atau bulu di sekujur tubuhnya.

4. Berdarah Panas

Satu lagi ciri khas dari hewan mamalia yang membuat kucing dikategorikan sebagai hewan mamalia adalah darah panas. Jika anda pernah memegang darah kucing yang baru keluar dari tubuhnya maka akan merasakan panas, hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan kenapa kucing disebut hewan mamalia.

5. Memiliki Empat Bilik Pada Jantung

Hanya burung dan mamalia saja yang memiliki jantung dengan 4 bilik, karena tidak mungkin kucing masuk kelompok burung maka hanya mamalialah yang menjadi jawaban yang paling masuk akal. Keempat bilik di jantung ini berfungsi untuk memisahkan darah dan oksigen yang datang dari paru-paru.

6. Gigi yang Hanya Sekali Berganti Seumur Hidup

Ciri khas mamalia selanjutnya yang juga dimiliki oleh kucing adalah gigi yang hanya sekali berganti seumur hidup. Biasanya kucing kecil dilahirkan dengan gigi yang lebih kecil dan mudah, dimana seiring berjalannya waktu gigi tersebut akan jatuh dan digantikan dengan gigi yang lebih besar dan kuat.

7. Memiliki Diafragma

Selain mamalia, burung dan reptil adalah jenis hewan yang memiliki diafragma, namun diafragma pada mamalia lebih baik karena mamalia lebih bisa memanfaatkan oksigen yang ada secara maksimal dibandingkan dengan hewan jenis reptil maupun burung. Untuk kucing sendiri tidak bisa masuk kategori hewan burung karena tidak memiliki paruh serta bukan hewan reptil karena berdarah panas.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar