Mengapa Kucing Mengeong Terus

Kucing adalah sebutan bagi hewan peliharaan yang identik dengan suara mengeong. Namun tahukah anda bahwa sebutan kucing ini biasanya diberikan kepada “kucing” yang sudah dijinakan, sedangkan ada juga kucing lain yang masuk kategori kucing besar seperti harimau dan singa.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas 7 alasan kenapa kucing peliharaan suka mengeong secara terus menerus.

7 Alasan Kenapa Kucing Mengeong Secara Terus Menerus

1. Menyapa

Alasan pertama kucing mengeong tanpa henti adalah untuk menyapa anda. Hal ini bisa terlihat ketika anda pulang ke rumah dan baru bertemu kucing peliharaan anda, dimana saat melihat anda datang kucing tersebut akan mengeong tanpa henti sebagai tanda ucapan selamat datang atau menyapa anda.

2. Mencari Perhatian

Alasan berikutnya kenapa kucing peliharaan anda tidak berhenti mengeong adalah untuk mencari perhatian. Cara ini sering dilakukan kucing ketika mulai merasa bosan, apalagi anda sering bermain bersama, mengelus, hingga mengajak berbicara kucing peliharaan anda tersebut.

Jangan pernah abaikan kucing anda ketika dia membutuhkan perhatian, hal ini karena ketika kucing anda sudah lelah maka dia akan diam dan tidak mau diajak bermain sama sekali. Oleh sebab itu pastikan anda selalu memiliki waktu kosong untuk bermain bersama kucing peliharaan anda.

3. Waktunya Kawin

Kucing merupakan hewan yang membutuhkan kawin dimana hal tersebut sudah menjadi panggilan alam tersendiri ketika memasuki musim kawin. Tahukah anda bahwa ketika musim kawin tiba kucing betina akan mengeong saat birahi sedangkan kucing jantan akan mengeong saat mencium bau betina birahi. Bagi anda yang tidak mau kucing anda kawin maka anda hanya perlu mensterilkan kucing tersebut.

4. Lapar

Seperti pada hewan umumnya kucing juga akan memberikan tanda kepada majikannya jika merasa lapar. Tanda yang dimaksud adalah mengeong tanpa henti, biasanya kucing akan mengeong sambil berjalan ke arah tempat makannya sebagai tanda bahwa dia lapar dan meminta makan.

5. Stres

Ketika anda pindah rumah atau baru pertama kali bertemu kucing yang anda beli di toko hewan maka kucing tersebut akan sangat cerewet. Hal ini wajar saja karena dia merasa stres akibat baru mengenal semua yang ada di sekitarnya. Anda hanya perlu memperlakukan kucing anda tersebut dengan lembut maka lama kelamaan dia akan membaik dengan sendirinya.

6. Sakit

Alasan selanjutnya kenapa kucing bisa mengeong tanpa henti adalah sakit. Biasanya kucing akan mengeong tanpa henti sebagai anda bahwa kondisi tubuhnya sedang kurang sehat, segera bawakan kucing anda ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan yang lebih baik.

7. Usia yang Sudah Tua

Alasan terakhir kenapa kucing anda mengeong terus menerus adalah karena usia yang sudah tidak muda lagi. Menurut penelitian kucing akan sering mengeong dan menangis di malam hari karena merasa kebingungan atau disfungsi kognitif seiring dengan usia yang semakin bertambah.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar