Mengapa Kita Harus Berbuat Baik Kepada Semua Makhluk Hidup

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari manusia lain untuk menjalankan hidupnya. Tidak hanya harus berbuat baik kepada manusia karena peran kita sebagai makhluk sosial namun kita juga harus berbuat baik kepada semua makhluk hidup, Mengapa demikian?

Alasan Mengapa Kita Harus Berbuat Baik Kepada Semua Makhluk hidup

1. Berbuat baik kepada sesama manusia

Prinsipnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa terlepas dari peran manusia lain untuk bisa menjalankan hidupnya. Hal ini karena manusia satu dan lain saling berketergantungan. Pangkat, status sosial, pekerjaan, status ekonomi, agama, suku dan ras bukanlah penghalang untuk tidak saling bersosialisasi.

2. Berbuat baik kepada keluarga

Keluarga adalah kelompok pertama bagi seorang individu untuk bersosialisasi, kepribadian seseorang bahkan ditentukan dari pendidikan dasar di keluarganya. Keluarga menjadi tempat pertama seorang individu belajar untuk mampu beradaptasi dengan dunia luar yang lebih luas. Berbuat baik dengan keluarga wajib hukumnya terlebih kepada kedua orang tua kita. Sebagaimana ajaran dari semua agama dan kepercayaan.

3. Berbuat baik kepada tetangga

Tetangga adalah tempat bersosialisasi kedua bagi individu. Pengaruh tetangga berpengaruh pada nilai kepribadian individu. Menciptakan suasana tenang dan rukun antar tetangga akan membuat kehidupan bermasyarakat jadi lebih harmonis, nyaman dan damai. Untuk itu perlunya kita berbuat baik kepada tetangga kita.

4. Berbuat baik kepada lingkungan tempat tinggal

Dalam cakupan yang lebih luas lingkungan tempat tinggal juga berpengaruh pada nilai kepribadian individu. Individu yang tinggal di lingkungan pesisir pantai dengan individu yang tinggal di pegunungan akan memiliki karakteristik yang berbeda. Penting untuk bisa berbuat baik untuk lingkungan tempat tinggal kita dengan saling menjaga kebersihan, kesopanan dan adat istiadat yang ada.

5. Berbuat baik kepada tanaman

Tanaman memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Peran tanaman yaitu menyediakan oksigen untuk kita hirup, dimana untuk bernafas manusia memerlukan oksigen. Kedua, menyerap karbondioksida yang dikeluarkan manusia sehingga kandungan karbondioksida yang berbahaya bagi lingkungan bisa teratasi. Ketiga, sebagai penangkal tanah longsor, banjir dan bencana alam lainnya, serta masih banyak lagi manfaat berbuat baik terhadap tumbuhan.

6. Berbuat baik kepada hewan

Berbuat baik kepada hewan dengan cara tidak menyiksa, memberikan hak haknya secara layak dan tidak merampas tempat tinggalnya untuk kepentingan pribadi. Hewan yang kita kenal dikelompokan menjadi hewan ternak, hewan peliharaan dan hewan liar. Ketiganya memiliki peran yang tidak kalah penting. Hewan ternak memberikan kita sumber makanan hewani, hewan peliharaan memberikan kita rasa empati untuk saling menjaga dan hewan liar berperan menjaga ekosistem alam supaya seimbang.

7. Berkat berbuat baik jadi disukai banyak orang

Manfaat ketika individu berbuat baik kepada semua makhluk adalah individu ini jadi disukai banyak orang bahkan hewan. Tidak hanya itu manfaat lain yang langsung dirasakan adalah menghindari stress, mampu memperkuat hubungan sosial, tubuh menjadi lebih sehat akibat energi positif dari berbuat baik, dan tentunya juga sebagai pencegah pengaruh negatif.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar