Mengapa Kerajinan dari Bahan Lunak Alami Lebih Baik daripada Bahan Lunak Buatan

Jenis bahan lunak dibedakan menjadi dua yaitu bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Bahan lunak alami sendiri adalah bahan lunak yang didapatkan dari alam tanpa adanya penambahan bahan buatan, sementara itu bahan lunak buatan adalah bahan yang sengaja dibuat untuk dijadikan suatu kerajinan.

Baik bahan lunak alami maupun buatan keduanya sama-sama bisa dipakai sebagai bahan pembuat kerajinan. Namun, mengapa kerajinan dari bahan lunak alami lebih baik dari bahan lunak buatan ya?

Alasan bahan lunak alami lebih baik dari bahan lunak buatan yang dipakai untuk kerajinan

1. Lebih mudah didapatkan

Bahan lunak alami disediakan oleh alam dalam hal ini manusia tidak perlu berusaha untuk menciptakan karena sudah ada. Proses pembuatannya dari ketersediaan bahan sampai menjadi bentuk kerajinan pun jadi memerlukan waktu yang lebih singkat. Sedangkan bahan lunak buatan memerlukan serangkaian proses sehingga menghasilkan bahan yang diinginkan, dari bahan ini perlu diolah lagi menjadi bentuk kerajinan.

2. Mudah dibentuk

Bahan lunak alami juga lebih gampang dibentuk dibandingkan dengan bahan lunak buatan. Misalnya saja tanah liat dengan gypsum. Gypsum memiliki tekstur yang keras dan sulit dibentuk karena tidak bisa larut dalam air, sehingga pada tahap awal pembuatannya harus benar-benar diperhatikan supaya menjadi bentuk yang sesuai keinginan.

3. Tidak menghasilkan limbah

Bahan lunak alami tidak menghasilkan sisa limbah sehingga lebih ramah lingkungan. Sedangkan bahan lunak buatan akan menghasilkan sisa limbah pembuangan yang tidak jarang justru merusak lingkungan.

4. Harga sebanding dengan kualitas

Bahan lunak alami misalnya saja kulit asli dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kulit sintetis namun dari segi kualitas kulit asli jelas lebih unggul, awet dan mahal. Produk yang dihasilkan dari kedua bahan ini pun memiliki tingkat kualitas yang berbeda dimana lebih baik kulit asli.

5. Nilai seni yang lebih tinggi

Kita tentu pernah mendengar atau membeli secara langsung produk kerajinan yang dihasilkan dari bahan lunak alami memiliki nilai seni yang lebih tinggi dibandingkan bahan lunak buatan. Hal ini tidak lepas dari exclusive bahan lunak alami. Dalam proses pembuatannya pun diperlukan teknik dan keterampilan khusus.

6. Lebih tahan lama

Kerajinan dari bahan lunak alami memiliki daur hidup yang lebih lama, disimpan dalam waktu yang lama nilai seni dan ekonomis dari kerajinan tersebut akan semakin tinggi. Hal ini karena kerajinan dari bahan lunak alami lebih awet dan memiliki keunikan tersendiri berbeda dengan kerajinan dari bahan lunak buatan yang umumnya dibuat dalam jumlah yang banyak.

7. Warna yang tidak mudah pudar

Kerajinan dari bahan lunak alami umumnya memiliki tingkat kepekatan warna yang lebih karena warna yang dihasilkan berasal dari bahan itu sendiri. Sedangkan bahan lunak buatan memerlukan campuran warna sehingga warna yang dihasilkan bisa memudar.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar