Mengapa Kabel Listrik Umumnya Terbuat dari Tembaga

Kabel listrik berfungsi untuk menghantarkan energi listrik yang bisa digunakan semua orang. Kabel tersebut diketahui terbuat dari tembaga karena bahan ini mempunyai beberapa keunggulan.

Apalagi tembaga juga mampu menyerap panas dengan baik sehingga listrik bisa maksimal. Tidak hanya itu saja, tembaga juga mempunyai bobot ringan dalam pembuatan kabel listrik.

Alasan Mengapa Kabel Listrik Umumnya Terbuat dari Tembaga

1. Mudah Menyerap Panas

Tembaga diketahui mudah menyerap panas dan mampu menghantarkan listrik dengan baik. Bahan tembaga yang bagus mampu mengurangi bahaya yang terjadi agar listrik bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Nilai hambatannya yang kecil dapat mengurangi kerugian listrik yang akan terjadi saat digunakan. Sehingga tembaga menjadi bahan yang cocok untuk pembuatan kabel listrik.

2. Suhu Tembaga

Suhu tembaga yang tinggi sangat berguna untuk kabel listrik dalam menghantarkan panas. Peralatan listrik yang menggunakan perubahan suhu panas akan memanfaatkan tembaga tersebut. Biasanya beberapa peralatan yang memakai suhu ini yaitu sikring dan MCB. Jadi suhu tembaga yang tinggi dapat membantu listrik dalam menghantarkan energinya dengan baik.

3. Melebur

Kabel listrik yang terbuat dari tembaga termasuk bahan yang mudah melebur. Selain itu bahan tersebut juga dapat melindungi kabel saat terjadi penyusutan dan pemuaian. Sehingga kabel tidak tidak mudah putus meskipun dialiri oleh energi listrik yang cukup besar. Hal ini tentu sangat berguna untuk listrik dalam melakukan penyesuaian terhadap peningkatan energi yang akan terjadi.

4. Ekonomis

Alasan lain kabel listrik menggunakan bahan tembaga adalah harganya yang ekonomis. Tak hanya itu saja, bahan ini berfungsi untuk mengurangi kerugian yang dapat diakibatkan oleh aliran listrik. Tegangan yang dihasilkan dari tembaga juga bisa diserap dengan baik sehingga mencegah konsleting listrik.

5. Hambatan yang Kecil

Tembaga memiliki nilai hambatan yang sangat kecil daripada jenis bahan penghantar listrik lainnya. Hambatan yang kecil tersebut mampu membuat resiko aliran listrik menjadi minim. Sehingga arus listrik tersebut tidak banyak yang terbuang dan bisa digunakan secara maksimal.

6. Tembaga Lentur

Bahan tembaga yang lentur memudahkan listrik dalam menghantarkan energinya. Apalagi saat mengalami pemuaian atau penyusutan kabelnya tidak mudah putus. Jika kabel dibuat dari bahan yang sangat keras maka akan susah dalam melakukan penyesuaian. Sehingga tembaga menjadi bahan yang cocok untuk kabel listrik.

7. Mekanis yang Baik

Bahan baku tembaga mempunyai sifat fisis atau mekanis yang baik. Hal tersebut bertujuan agar kabel listrik mampu bertahan dalam cuaca dingin maupun panas. Selain itu tembaga juga mudah digunakan dalam pemasangan jaringan listrik yang menghantarkan energi. Bobotnya yang ringan pun membuat tembaga menjadi bahan yang bagus dalam pembuatan kabel listrik.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar