Mengapa Judul sebuah Bacaan Harus Dibuat Menarik

Menentukan judul yang tepat untuk sebuah bacaan bukan perkara yang mudah. Judul bacaan berita misalnya, pembaca bisa mencerna informasi yang disajikan dalam berita tersebut apabila penulis memberikan judul yang tepat sehingga isi berita tersampaikan dengan baik.

Oleh karena itu, ada beberapa alasan mengenai judul bacaan harus menarik yaitu :

Alasan Mengapa Judul sebuah Bacaan Harus Dibuat Menarik

1. Supaya peristiwa atau cerita yang disampaikan bisa dicerna

Bacaan yang memuat berita tentang suatu peristiwa terkini akan mudah dicerna oleh pembaca apabila judul yang dibuat sangat menarik. Dengan membaca judul berita, pembaca bisa menebak peristiwa apa yang disampaikan pada suatu bacaan berita. Pun dengan berita selebriti, judul menjadi bagian penting dalam penyampaian suatu gosip atau cerita terkait selebriti terkait.

2. Agar pembaca tertarik untuk membaca sampai selesai

Judul bisa dibuat semenarik mungkin karena memang tujuan utama pembuatan judul adalah menarik perhatian pembaca. Judul adalah hal yang pertama kali dibaca oleh setiap orang sehingga penulis sebaiknya mengemas suatu bacaan menggunakan judul yang tidak terlalu bertele-tele namun jelas dan terkonsep.

3. Judul merepresentasikan isi bacaan

Suatu bacaan dikatakan menarik apabila judulnya tidak melenceng dari isinya. Bagi sebagian penulis, menentukan judul yang tepat bisa dilakukan setelah isi bacaan telah selesai ditulis secara lengkap. Judul yang sebelumnya ditulis akan diubah beberapa kali sampai benar-benar mendapatkan judul bacaan yang pas dengan keseluruhan isinya.

4. Penulis menyelipkan judul yang membuat pembaca penasaran

Gaya penulisan judul tergantung dari jenis bacaan yang dibuat oleh penulis. Jika bacaan mengandung unsur hiburan seperti gosip selebritis, penulis boleh membuat judul yang agak panjang dan mengandung rasa penasaran sehingga pembaca tertarik untuk membaca keseluruhan isi bacaan gosip tersebut. Salah satu gaya penulisan judul yang bisa diterapkan adalah kalimat pertanyaan.

5. Judul dengan kata kiasan menambah kesan menarik

Kata kiasan boleh ditambahkan pada penulisan judul karena bisa menambah kesan menarik. Judul seperti ini hanya boleh digunakan pada bacaan selain berita formal karena memang tujuannya untuk membuat pembaca penasaran. Selain itu, bacaan dengan judul yang mengandung kata kiasan mampu membuat pembaca tertarik untuk mengikuti bacaan lainnya dari penulis yang bersangkutan.

6. Judul bisa singkat namun tetap menjaga penyampaian informasi yang tepat

Penulisan judul terbilang fleksible, penulis bisa membuatnya singkat atau panjang asalkan penyampaian informasi jelas dan tepat. Hindari kata-kata yang melebih-lebihkan atau mengurangi informasi asli karena beresiko mendapatkan takedown dari media.

7. Judul adalah bagian utama dalam sebuah bacaan

Judul harus dibuat menarik dengan tetap memperhatikan siapa pembacanya, apakah anak-anak atau orang dewasa. Hal ini dikarenakan judul menjadi bagian utama dalam bacaan yang berperan penting membuat pembaca tertarik dengan isi bacaannya.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close