Mengapa Jenis Bahan dari Komponen Sangat Berpengaruh dalam Proses Perakitan

Dalam dunia industri, perakitan dalam suatu proses manufaktur merupakan kegiatan membuat mesin atau alat yang memiliki fungsi tertentu dengan cara menyusun dan menyatukan bagian-bagian dari komponen.

Beberapa industri seperti industri elektronik dan kendaraan melakukan kegiatan produksinya menggunakan suatu teknik perakitan ini sehingga bahan komponen sangat berpengaruh. Berikut beberapa alasan yang mendasari pengaruh jenis bahan komponen dalam proses perakitan:

Alasan Mengapa Jenis Bahan dari Komponen Sangat Berpengaruh dalam Proses Perakitan

1. Bahan dapat menentukan seberapa kualitas mesin atau alat yang dirakit

Sebelum mulai proses perakitan, perakit wajib mengetahui seperti apa jenis bahan yang akan dirakit secara detail. Hal ini dikarenakan jenis bahan dapat mempengaruhi kualitas hasil mesin atau alat dari penggunaan bahan-bahan yang dirakit. Jika bahan yang dipilih benar-benar tepat, maka kualitas mesin atau alat yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi.

2. Teknik kerja perakitan setiap bahan berbeda

Baja yang tahan karat dengan aluminium sulit disambungkan dengan cara pengelasan karena memiliki perbedaan yang jauh terkait titik lebur. Dalam kasus ini, perakit memerlukan teknik kerja dengan menggunakan media penghubung dengan filler atau material bantu seperti filler metal zinc.

3. Pemilihan metode saat penyambungan tergantung dari jenis bahan komponen

Seperti contoh kasus penyambungan bahan aluminium dan baja yang tahan karat di poin 2, bisa dikatakan bahwa metode yang digunakan ketika penyambungannya tidak boleh sembarangan. Jika metode penyambungan yang dipilih tidak sesuai prosedur, maka akan mempengaruhi tahapan-tahapan berikutnya sehingga hasilnya tidak sesuai harapan.

4. Mempengaruhi estimasi waktu dalam pengerjaan

Saat mengerjakan perakitan dari beberapa bahan komponen, perakit pasti paham mengapa setiap bahan membutuhkan estimasi waktu pengerjaan yang berbeda satu sama lain. Hal ini disebabkan karena setiap bahan mempunyai ciri dan sifat tertentu. Pengerjaan beberapa bahan komponen bisa saja membutuhkan estimasi waktu yang lama atau bahkan sebentar.

5. Keindahan bentuk yang dihasilkan

Bahan komponen yang dirakit menjadi sebuah mesin atau alat terdiri dari beberapa jenis. Hal ini dapat mempengaruhi hasil perakitan seperti bentuk mesin atau alat yang dirakit. Bentuk yang bagus biasanya ada kaitannya dengan estimasi waktu pengerjaannya.

6. Kekuatan konstruksi saat perakitan

Saat dilakukan perakitan dari beberapa bahan komponen, dibutuhkan kekuatan konstruksi yang akan membantu dalam proses perakitan tersebut. Sehingga bahan-bahan komponen bisa dirakit apabila menggunakan konstruksi yang kuat sehingga menghasilkan mesin atau alat yang berguna untuk masyarakat.

7. Mempengaruhi finishing pada proses perakitan

Proses perakitan pasti akan melalui tahap finishing. Jenis bahan komponen memiliki pengaruh besar dalam proses ini karena jika tahapan-tahapan sebelum finishing dapat berjalan dengan lancar, maka mesin atau alat yang dihasilkan akan melalui tahap finishing dengan lancar pula tanpa ada hambatan.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close