Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang terjadi antara individu ataupun kelompok dalam lingkup hubungan sosial seperti pertemanan, diskusi, kerjasama dan lainnya yang semua hubungan itu berlaku di masyarakat.

Interaksi sosial terdiri dari dua kata interaksi yang artinya tindakan sedangkan sosial adalah lingkungan diluar dari individu. Adanya interaksi sosial dikatakan sebagai kunci dari semua kehidupan sosial, mengapa bisa begitu? 

Alasan Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci Dari Semua Kehidupan Sosial

1. Manusia adalah makhluk sosial

Alasan interaksi sosial adalah kunci kehidupan sosial karena manusia sendiri adalah makhluk sosial, artinya manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lain. sebagai makhluk sosial perlu melakukan yang namanya interaksi sosial supaya orang lain mau membantu atau memberikan pertolongan.

2. Dimanapun tempatnya butuh adanya interaksi

Interaksi sosial terjadi bisa antar individu dengan individu lain, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Dimanapun tempatnya pasti membutuhkan interaksi sosial meskipun itu hanya sekedar saling menyapa sampai ke tahap hubungan timbal balik tolong menolong.

3. Adanya komunikasi

Komunikasi adalah alat yang dipakai untuk menjalankan interaksi sosial. Jenis interaksi ini bisa berupa ucapan fisik, gestur dan isyarat. Komunikasi tidak hanya terjadi ketika saling bertatapan namun bisa juga terjadi melalui media misalnya siaran radio, siaran Tv streaming video dan lainnya. Adanya komunikasi dalam interaksi sosial kunci dari semua kehidupan sosial.

4. Kehidupan Sosial

Kehidupan dikatakan berjalan menjadi kehidupan sosial apabila ada interaksi antara individu dengan terjalinnya komunikasi yang  berkembang menjadi bentuk saling timbal balik atau ketergantungan. Kehidupan bisa berjalan dengan baik apabila adanya interaksi sosial. Contoh dari kehidupan sosial di lingkungan masyarakat yaitu ikut serta kerja bakti, terlibat dalam forum musyawarah kampung, dan hidup saling toleransi.

5. Faktor terjadinya interaksi sosial yang berdampak pada kehidupan sosial

Ada 5 faktor interaksi sosial yang diterapkan dalam kehidupan sosial yaitu imitasi, sugesti, simpati, identifikasi dan empati. Imitasi meniru seseorang dalam berperilaku misalnya seorang pemimpin yang memberikan contoh baik kepada anak buahnya. Sugesti yaitu orang yang terpengaruh karena adanya dorongan. Simpati yaitu sikap dan rasa untuk menarik. Identifikasi yaitu ciri khas dan empati yaitu ikut merasakan perasaan orang lain.

6. Bentuk interaksi sosial yang berlaku dalam kehidupan sosial

Bentuk dari interaksi sosial ada berbagai macam yaitu kerjasama, penyesuaian diri, toleransi, akulturasi dan asimilasi. Bentuk interaksi sosial inilah yang diterapkan dalam kehidupan sosial dimana setiap orang berusaha untuk bisa mencapai perilaku positif dalam dirinya.

7. Interaksi sosial juga ada yang sifatnya negatif

Dalam kehidupan ini selalu ada dua sisi baik dan buruk, positif dan negatif. Begitupula dengan interaksi sosial di dalam kehidupan sosial. Perilaku negatif dalam interaksi sosial diantaranya persaingan, pertentangan dan kontravensi.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar

Close