Mengapa Echinodermata Disebut Sebagai Hewan Pembersih Pantai

Tahukah Anda mengenai hewan unik yang disebut sebagai echinodermata? Hewan yang satu ini seringkali ditemui di dalam laut dan bentuknya memang sangat menarik.

Terkadang, echinodermata juga seringkali disebut sebagai hewan pembersih pantai, apakah alasan dibaliknya?

Alasan Echinodermata Disebut Hewan Pembersih Pantai

1. Echinodermata adalah Pemakan Bangkai

Alasan pertama yang menyebabkan hewan ini disebut sebagai pembersih pantai adalah karena kemampuannya yang cukup unik, yakni mereka mampu memakan bangkai hewan yang sudah mati. Bangkai hewan adalah kotoran yang cukup sering ditemui di lautan, dan hewan inilah yang berperan besar untuk menghilangkan bangkai hewan tersebut.

2. Memiliki Sistem Pencernaan Sempurna

Salah satu kelebihan dari echinodermata adalah mereka memiliki sistem pencernaan yang terbilang sempurna terlebih jika dibandingkan dengan hewan laut yang lainnya. Sistem pencernaan tersebut akan membantu mereka untuk mengkonsumsi segala hal yang memang menjadi makanan mereka dalam waktu singkat tanpa mengalami gangguan tertentu.

3. Memiliki Jaringan Hidrolik

Jaringan hidrolik pada echinodermata juga membantu mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa perlu mengerahkan tenaga yang cukup besar. Hal ini tentu saja cukup berbeda dengan hewan laut lainnya yang tidak memiliki jaringan hidrolik dan mengandalkan sistem tubuhnya yang cenderung memiliki kelemahan tertentu.

4. Bergerak dengan Kaki Tabung

Meskipun tidak dikaruniai tubuh yang kekar ataupun gagah layaknya ikan hiu dan ikan garang lainnya, hal tersebut tidak membuat echinodermata menjadi ciut dan kalah. Mereka mampu menggerakkan tubuhnya dengan kaki tabung dan berjalan dengan pelan meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Memiliki Sistem Pembuluh Darah Unik

Selain jaringan hidrolik, echinodermata juga memiliki sistem pembuluh darah yang cukup unik. Pembuluh darah tersebut membantu mereka untuk selalu waspada dan siap siaga sehingga tubuh mereka bisa melakukan aktivitas dengan lancar.

6. Predator yang Sabar

Hewan yang bentuknya indah ini memang sangat menarik sebab dibalik keimutannya, mereka termasuk ke dalam jenis predator yang sedikit menakutkan. Echinodermata akan menunggu dalam waktu yang diperlukan untuk menunggu mangsa agar bisa dimakan, sehingga selain hewan pembersih pantai, mereka juga acapkali dijuluki sebagai predator yang cukup sabar.

7. Melakukan Regenerasi

Alasan terakhir yakni karena hewan ini mampu melakukan regenerasi dengan lancar. Mereka bisa membuat tubuh mereka berganti kulit dan tubuh dalam waktu yang cukup cepat meskipun hal tersebut berarti bahwa mereka harus vakum dari memangsa calon makanan yang hendak disantap.

Proses regenerasi tersebut diperkirakan tidak akan membuat pantai atau laut mengalami masalah apapun. Sehingga, aman jika dibilang bahwa echinodermata termasuk ke dalam sosok hewan yang membawa jasa yang cukup tinggi terhadap ekosistem laut dan kebersihan pantai.

facebook
Twitter
Follow

Tinggalkan komentar